Apa Yang Terjadi Kalau Kamu Kurang Tidur?

Tidur sangat penting untuk kesehatan loh. Tahukah kamu kalau kurang tidur sangat berpengaruh bagi kesehatan fisik dan emosional seseorang? Akibat dari kurang tidur mempunyai efek jangka pendek dan jangka panjang bagi kesehatan.

Efek mengejutkan dari kurang tidur bagi kesehatan

Ini dia beberapa efek dari kurang tidur bagi kesehatan:

1. Mengantuk dapat menyebabkan kecelakaan.

Berkendara dalam keadaan mengantuk sangat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Ini sama reaksinya ketika seseorang mengemudi dalam keadaan mabuk.

2. Dapat memicu permasalahan kesehatan serius.

Gangguan tidur dan kurang tidur dapat meningkatkan risiko kamu terkena beberapa penyakit serius seperti penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, detak jantung yang tidak teratur, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes.

3. Membuat kulit semakin menua.

Kurang tidur dapat membuat kulit menjadi pucat dan mata menjadi bengkak. Kulit juga menjadi kusam, timbul garis-garis halus dan muncul lingkaran hitam di bawah mata.

4. Menjadi pelupa.

Menjadi pelupa dapat disebabkan oleh kurang tidur. Penyimpanan memori di dalam otak sebagian besar terjadi saat kamu sedang tertidur lelap.

5. Berat badan meningkat.

Kurang tidur dapat memicu meningkatnya rasa lapar dan nafsu makan, sehingga dapat berujung pada obesitas. Tidak hanya merangsang meningkatnya nafsu makan, kurang tidur juga semakin merangsang kamu untuk makan makanan yang tinggi lemak dan tinggi karbohidrat.

6. Jadi berhalusinasi.

Mengerjakan sesuatu dalam keadaan mengantuk dapat membuat otak tidak dapat menafsirkan informasi dengan jelas. Misalnya saja kamu merasa seperti lampunya berkedip, tapi kamu tidak yakin juga akan hal tersebut.


Tips untuk dapat tidur dengan nyenyak setiap malam

Coba ikuti beberapa tips berikut untuk dapat tidur nyenyak setiap malam:

● Konsisten untuk tidur sesuai waktunya.

● Menciptakan suasana yang menenangkan sebelum waktu tidur.

● Hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

● Jangan pergi tidur dalam keadaan lapar.

● Buat kamar kamu dalam suasana yang nyaman, seperti agak gelap dan sejuk.

● Bangun tidur di waktu yang sama setiap hari.

Setelah mengetahui efek buruk dari kurang tidur, sebaiknya kamu jangan sampai kurang tidur lagi ya. Coba ikuti tips-tips di atas untuk bisa mendapat tidur yang lebih berkualitas setiap malam.

Comments

Sign In or Register to comment.