6 Adab dan Tata Cara Makan yang Sering Dilupakan

1. Jangan mulai makan sebelum tuan rumah datang dan menyuruh

Ini berlaku saat kamu dapat undangan makan. Walaupun kamu sudah sangat lapar, kamu tetep harus menunggu orang yang mengundangmu. Seandainya dia sudah mempersilahkan kamu untuk makan, barulah kamu santap makanan yang ada di meja. Ingat, harus pakai gerakan-gerakan yang sopan. Jangan seperti orang yang sudah tidak ketemu makanan selama bertahun-tahun.


2. Jangan meniup makanan

Beberapa orang punya kebiasaan meniup makanan yang panas. Sebenarnya itu merupakan sesuatu yang tidak sopan. Akan jauh lebih baik kalau kamu nunggu makanan sampai agak dingin tapi jangan ditiup.


3. Saat kamu sudah mengambil sendok dari meja, jangan pernah mengembalikannya ke meja.

Ingat-ingat yaa. Saat kamu sudah mengambil sendok dan pisau dari meja jangan pernah mengembalikannya di posisi semula. Taruh sendok itu di atas piring.


4. Jangan lupa sama cara pegang garpu dan pisau.

Sdah makan di restoran mewah nan mahal, masak kamu masih lupa sama tata cara makan. kamu harus ingat cara yang 'benar' untuk memegang garpu dan pisau. Pastikan kamu memegang keduanya dengan posisi jari telunjuk di bagian atas sendok dan ibu jari di bagian bawah.


5. Jauhkan ponsel dari meja makan.

Ini adalah kebiasan buruk yang sering dilakukan orang. Mereka makan sambil main HP. Itu tidak sopan. kalau makan, fokus makan dulu saja. Usahakan ponsel kamu jauh dari meja makan biar tidak tergoda buat buka ponsel selagi makan.


6. Jangan minum sambil ngunyah.

Sepele tapi wajib banget buat diingatkan nih. Jangan pernah kamu minum saat masih ada makanan di mulut lo. Apalagi saat kamu masih di tengah-tengah ngunyah makanan. Duuhhh.. orang yang makan sama kamu bisa illfeel tuh. Selesaikan dulu ngunyahnya, telen makanan, barulah minum dengan tenang.


Terakhir, sebagai orang kristen atau kepercayaan apapun, kita perlu mengucap doa kristen kepada Tuhan untuk mengucap syukur atas berkat dan nikmat yang telah Dia berikan kepada kita. Dalam kepercayaan kristen, makanan merupakan penyertaan yang diberikan oleh Tuhan kepada kita, untuk itu kita perlu mengucap doa makan kristen sebelum dan sesudah selesai menyantapnya.

Sign In or Register to comment.