Maniak Lari? Hati-Hati Dislokasi Lutut

Lari maraton atau istilah bekennya, marathon run sudah mulai digemari dan cukup populer saat ini. Buat kalain yang hobi ikutan acara-acara lari, pasti sering mendengar kasus dislokasi lutut. Terdengar seram ya?


Sebenarnya, manfaat lari bagi kesehatan sudah tidak bisa dipungkiri. Selain meningkatkan kesehatan paru-paru, olahraga lari juga menguatkan tulang dan otot, serta mengurangi berat badan berlebih.

Namun, kamu harus berhati-hati saat melakukan olahraga lari lho! Lah, memang ada bahayanya? Bukan berbahaya sih, tetapi olahraga lari meningkatkan risiko kamu mengalami dislokasi lutut!

Risiko dislokasi lutut

Memang sih, segala olahraga pasti ada risiko cederanya, tapi olahraga lari adalah olahraga yang paling sering menimbulkan masalah pada lutut, seperti dislokasi lutut.

Dislokasi lutut merujuk pada pergeseran bagian tempurung lutut dari posisi asalnya.Nah, salah satu ciri khas dari dislokasi lutut adalah terdapat bagian lutut yang mencuat keluar dari tempatnya.

Pemandangan horor dan membuat bergidik tersebut juga diiringi dengan bengkak dan rasa sakit yang luar biasa ketika kamu mencoba untuk menggerakkan kaki.

Apa yang harus dilakukan?

Tenang… tenang… Wajahnya tidak perlu setegang itu. Meskipun dislokasi lutut tampak mengerikan, tetapi dapat diatasi dengan pergi ke dokter. Berdasarkan situs SehatQ, operasi tidak akan dilakukan kalau dislokasi lutut tidak parah.

Salah satu cara yang kamu bisa lakukan untuk membantu meringankan rasa sakit dan bengkak akibat dislokasi lutut adalah dengan menggunakan kantong pemanas dan es batu.

Cukup simple, bukan? Kalau tidak ada kantung pemanas, kamu bisa menggunakan botol bekas yang diisi dengan air hangat. Rasa panas berfungsi untuk melemaskan otot dan rasa dingin dari es batu mengurangi rasa sakit dan bengkak di lutut.

Sebelum mengompres lutut, jangan lupa untuk membungkus es batu terlebih dahulu dengan kain ya!

Hindari cedera saat berlari!

Sayang kan kalau manfaat berlari tidak dirasakan karena takut cedera, karenanya hindari cedera saat berlari dengan melakukan peregangan dan pemanasan sebelum mulai berlari.

Pemilihan sepatu olahraga dan cara berlari yang benar juga penting untuk menghindari cedera saat berlari. Jangan biarkan cedera menghalangi kamu berolahraga! Selamat berlari!

Sign In or Register to comment.