Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

edited June 9 in Info Kesehatan



Detik Akurat – Semakin banyak orang tidak peduli dengan olahraga karena mereka terlalu lelah untuk bekerja. Namun tidak sedikit orang yang tetap peduli dengan olah raga meski hanya dengan berlari setiap akhir pekan.

Jika Anda masih berpikir berlari hanya baik untuk jantung, cobalah untuk melihat manfaatnya seperti yang dilaporkan oleh Popsugar.com di bawah ini:

1. Buat Anda Bahagia

Sensasi euforia yang Anda alami setelah lama berjalan atau berlari di sekitar rute tertentu membuat Anda seperti kembali ke alam. Bertemu orang-orang sambil berlari juga bisa membuat Anda bahagia.

2. Menjadi Perawatan Depresi

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa aktivitas fisik bertindak sebagai alternatif yang efektif untuk mengobati Depresi. Akan lebih baik jika dikombinasikan dengan meditasi.

3. Obat untuk Kinerja Otak

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di London Journal of Physiology menunjukkan bahwa berlari dapat membantu Anda mengembangkan hasil kognitif yang besar. Menjalankan, mengaktifkan, dan meningkatkan cadangan neuron di otak manusia, yang merupakan pusat kemampuan otak untuk belajar.

4. Tambah Memori

Sebuah studi tahun 2014 di University of British Columbia menunjukkan bahwa latihan aerobik yang teratur atau tipe yang dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat Anda berkeringat, seperti berlari, dapat meningkatkan ukuran hippocampus. Hippocampus adalah area otak yang terlibat dalam memori verbal dan pembelajaran. Berlari juga dapat menangkal gejala penyakit Alzheimer.

5. Penajaman Mental

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal Neurologyshowed bahwa orang tua yang terus berolahraga secara teratur mengalami tingkat penurunan mental yang lebih lambat.

6. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa berjalan / berlari dapat membantu fungsi jantung. Sebuah studi baru dari University of Hartford menemukan bahwa lari maraton dapat menyebabkan penurunan faktor risiko kardiovaskular.

7. Menurunkan Tekanan Darah

American Heart Association mengatakan berlari itu baik untuk Anda. AHA mengatakan 150 menit aktivitas fisik cepat per minggu dapat menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran yang sehat. (Tapi itu tergantung pada seberapa banyak pelatihan yang Anda butuhkan).

8. Menjaga Kesehatan Lutut

Studi menunjukkan bahwa berjalan benar-benar membantu meningkatkan massa tulang dan dapat memperlambat keropos tulang yang berkaitan dengan usia.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Menurut National Cancer Institute, “ada bukti yang meyakinkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus dan payudara. Beberapa penelitian juga melaporkan hubungan antara aktivitas fisik dan penurunan risiko kanker prostat, paru-paru dan rahim (endometrium). kanker) “Lebih lanjut, temuan yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa berjalan dapat mengurangi kerentanan seseorang terhadap bentuk kanker tertentu.

10. Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa ada dua kali lebih banyak kematian karena kurang olahraga dibandingkan dengan obesitas.

11. Tidak Perlu Menjadi Pelari Maraton

Anda tidak perlu menjadi pelari maraton untuk mendapatkan semua manfaat yang terkait dengan berjalan kaki ini. Sebaliknya, menurut meta-analisis yang diterbitkan dalam Mayo Clinic Proceedings, berjalan hanya 50 menit per minggu – setara dengan satu enam mil atau dua lari 5K – dapat melindungi tubuh dari risiko stroke, radang sendi, diabetes, kolesterol tinggi, tinggi tekanan darah, dan beberapa jenis kanker

 

Baca Juga :

Nikita Mirzani Panen Hujatan Karena Kibarkan Bendera LGBT saat Lebaran

Bocah 9 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Renang Hotel di Anyer

Sign In or Register to comment.