Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono Dimakamkan Dengan Upacara Kehormatan Militer



Detik Akurat – Istri presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kristiani Herrawati atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono meninggal di rumah sakit NUH di Singapura dan akan dimakamkan dalam upacara militer di Makam Pahlawan, Kalibata, pada Minggu (2) / 6).

“Besok sore, almarhum Ny. Ani Yudhoyono akan dimakamkan dengan upacara kehormatan militer di Cementerio de los Héroes, Kalibata,” kata politisi Partai Demokrat Roy Suryo, dalam sebuah pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com pada hari Sabtu ( 1/6).

Ani meninggal pada pukul 11:50 waktu Singapura. Mayatnya dimandikan hari ini dan dimakamkan di Kedutaan Indonesia di Singapura, dan diterbangkan ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, malam ini.

Ani selama hidupnya adalah pemegang Bintang Jasa Adipradana karena ia dianggap telah melayani Presiden Indonesia selama tujuh tahun. Penghargaan ini diberikan oleh SBY selama masa jabatannya sebagai presiden pada tahun 2011.

Selain Ani, pada tahun 2011 ada juga tiga orang yang memperoleh Bintang Jasa Adipradana, yaitu, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid (istri Republik Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid) Taufiq Kiemas (suami presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri), dan Yang Dipertuan Agung Malaysia Sultan Mizan Zaenal Abidin.


Pemerintah membantu prosesi pemakaman

Pemerintah membantu prosesi pemakaman Ani Yudhoyono, yang meninggal saat menerima perawatan di Singapura, sekitar 11:50 waktu setempat, Sabtu (1/6)

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan partainya segera mengirim tim protokol ke Singapura setelah menerima berita kematian Ani Yudhoyono.

“Kami segera melakukan hal-hal teknis, terutama kami mengirim tim protokol selain dokter kepresidenan,” kata Pratikno di Istana Presiden di Bogor, Sabtu (1/6).

Pratikno mengatakan pemerintah juga telah menyiapkan sebuah pesawat untuk mengambil sisa-sisa putri mantan komandan RPKAD, pensiunan Letnan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo. Pesawat akan berangkat sore ini ke Singapura.

“Kami sudah menyiapkan pesawat, siang ini pesawat akan berangkat ke Singapura,” katanya.

Pratikno mengatakan rencana itu akan menjadi upacara untuk menyerahkan mayat keluarga kepada pemerintah untuk dimakamkan di TMP Kalibata. Dia memastikan prosesi pemakaman Ani Yudhoyono sudah siap.

“Jadi semuanya siap, sekali lagi meminta doa untuk almarhum,” katanya.

 

Baca Juga :

Jose Mourinho : Juara Liga Champions 2018/2019 Sulit Diprediksi

Polisi Dalami Kaitan Kivlan Zen dengan Pembunuh Bayaran 4 Pejabat

Sign In or Register to comment.