Cara Mengatasi Ruam Popok Menggunakan Bahan Alami, Aman dan Manjur

edited May 29 in Opini & Solusi Anda

Aduh bunda jangan panik dulu karena si kecil menderita ruam di area pantatnya. Iya aku tahu masalah seperti ini selalu membuat bunda merasa khawatir, tapi kalo panik duluan, nanti masalahnya gak akan selesai dong. Rileks bunda, kali ini, aku akan kasih tahu nih cara mengatasi ruam popok dengan bahan alami, pasti aman dan manjur. Popok memang menjadi keperluan bayi baru lahir, jangan menyalahkan popok karena memang kita sendiri yang harus wapada terhadap keuntungan dan kerugiannya.

Ruam popok itu terjadi karena peradangan yang menyerang kulit bayi yang tertutup oleh popok. Jadi bunda perlu mengetahui kalau penggunaan popok itu tidak selalu aman, kasian kan bokong imut si kecil jadi merah merah gitu. Itu karena disebabkan oleh reaksi kulit bayi yang sensitif terhadap kotoran dan urine.

Ketahuilah bunda, bahwa masalah ruam ini akan terjadi pada setiap bayi yang selalu menggunakan popok. Tapi apa ada obat alami yang ampuh untuk atasi ruam ini?


Cara Mengatasi Ruam Popok Yang Alami


  • Cuka

Iya betul bunda, pakai cuka. Cuka ini salah satu solusi terbaik juga aman untuk menyeimbangkan kembali kadar pH kulit yang tinggi.

Namun, meski aman untuk kulit si kecil yang masih sensitif, jangan langsung memberikan cuka murni. Naah, sebaiknya bunda harus membuat larutan cuka yang ringan. Caranya? Campurkan 1 sendok makan cuka kedalam 150ml air. Gunakan ramuan ini untuk mengoles pantat imut si kecil setelah bunda mengganti popok yah.

Tuh kan, cuka itu bukan cuma buat ngebakso aja bun, tapi bisa juga buat atasi ruam popok.

  • Shea Butter

Ini nih bun, shea butter! Ini bagus banget untuk menghilangkan ruam kemerahan dengan cepat, karena kandungan antijamur dan anti inflamasi serta lemak nabatinya yang mampu meningkatkan peredarahan darah.

Untuk menggunakannya pun, bunda hanya perlu membersihkan terlebih dahulu pantat si bayi dengan air hangat dan sabun miliknya, setelah itu tentu dikeringkan dulu. Terus, usapkan deh shea butter ini secukupnya saja di area ruamnya. Tunggu beberapa menitan, kemudian pakaikan kembali popok yang baru. Gunakan ini secara rutin yah bun, supaya ruamnya hilang.

  • Lidah buaya

Bagi bunda yang memiliki lidah buaya di pekarangan rumahnya, ini bisa digunakan untuk atasi ruam pada pantat si kecil. Gunakan gel lidah buaya lalu oleskan pada area ruam di pantat si bayi setiap kali mengganti popok.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu minyak terbaik di muka bumi yang bisa bunda aplikasikan pada kulit si kecil yang terkena ruam. Caranya cukup mencampurkan 1 sendok the minyak zaitun dengan 1 sendok the air, lalu oleskan secara teratur dan merata setiap bunda mengganti popoknya, tentunya sesudah dibersihkan dan dikeringkan dahulu.

  • Plantain oil atau minyak pisang

Hayoh, pasti bunda bertanya tanyakan soal ini? Tenang bunda, ramuan ini tidak dijual di pasar swalayan kok. Minyak pisang ini ampuh banget bun untuk atasi ruam popok karena memiliki kandungan anti alergi didalam minyak pisang ini.

Caranya, bunda hanya perlu menumbuk daun pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian setelah hancur tinggal melumuri pantat si kecil saja. Karena daun pisang yang dihancurkan akan mengeluarkan getah atau minyak.

  • Minyak kelapa

Karena yang alami selalu memberikan efek terbaik dan pastinya aman jika dipakai secara tepat dan tidak berlebihan. Dan ternyata minyak kelapa juga mempunyai khasiat yang jarang sekali diketahui orang orang. Memiliki sifat antimikroba dan antijamurnya begitu tinggi serta aman bagi kulit bayi. Efeknya pun akan terasa pada si kecil.

Nah, bunda bisa menggunakan minyak kelapa ini sebagai pelembab. Oleskan terlebih dahulu pada area pantat yang selalu di tutupi popok, jika ingin konsentrasi yang ringan, bunda bisa campurkan dengan air. Gunakan ini setiap akan menggunakan popok sampai ruam memudar dan menghilang.

Itulah beberapa daftar bahan bahan alami yang ada disekitar bunda dan pastinya mudah sekali didapatkan. Ingat bunda, jangan panik duluan yah dan semoga bermanfaat.

Sign In or Register to comment.