Cara Memasak beras Merah Untuk Menu Diet Sehat

Umumnya beras yang sering dinikmati warga Indonesia berwarna putih. Tidak hanya di Indonesia, beras yang sudah diolah menjadi nasi seakan menjadi menu utama untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari oleh hampir seluruh warga di dunia.


Di Indonesia sendiri nasi putih menjadi makanan pokok. Bahkan sering terdengar istilah “jika tidak makan nasi, rasanya belum kenyang”. Tapi kamu tahu enggak sih, selain beras putih, beras merah juga sangat populer. Meskipun tidak banyak orang yang mengonsumsinya, nyatanya beras merah memiliki banyak manfaat untuk kita. Salah satunya mampu mengatasi diabetes.

Cara Memasak Beras Merah

Sebenarnya dalam memasak beras merah tidak jauh berbeda dengan cara membuat nasi putih pada umumnya. Namun, ada beberapa tahapan yang perlu kamu ketahui untuk menghasilkan tekstur beras optimal dan lezat dikonsumsi.

  • Rendam beras selama 30 menit

Umumnya beras putih dapat langsung dimasak setelah dicuci. Namun, untuk beras merah harus direndam selama 30 menit terlebih dahulu. Selain bertujuan untuk menghilangkan kotoran, perendaman juga berguna untuk mempercepat nasi agar lebih lunak dan enak disantap.

  • Masak nasi dengan rasio 4:1

Air memegang peranan lebih banyak dari pada jumlah beras. Satu gelas beras dapat diisi dengan 4 gelas air. Mungkin akan terlihat terlalu banyak air, namun cara itu bertujuan untuk mempercepat tekstur beras lebih lembut.

  • Saatnya mulai menanak nasi

Untuk menanak sendiri kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu di atas kompor dengan sistem tradisional dan menggunakan rice cooker. Meskipun penggunaan rice cooker lebih mempercepat proses, pemilihan cara tradisional lebih memberikan hasil nasi yang lezat. Masak beras dan aduk beberapa kali lalu tutup panci hingga air mendidih.

Setelah menyusut, angkat. Lalu panaskan dandang, kukus nasi hingga matang. Cara ini juga bisa membuat nasi lebih pulen. Sedangkan jika menggunakan rice cooker, kamu tentu sudah tahu cara mengoperasikannya. Tekan tombol cook lalu tunggu selama 35 menit.

Setelah itu buka tutup rice cooker dan aduk rata agar uapnya keluar. Lalu masak setengah matang. Setelah matang jangan langsung dibiarkan dibuka. Tunggu selama 10 menit agar dapat dinikmati dan rasa pun lebih optimal.

Tips Memasak Beras Merah Lebih Pulen

Beras merah memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan yang terpenting adalah rendah gula. Kandungan utama rendah gula inilah yang banyak dimanfaatkan sebagai menu diet. Namun karena teksturnya yang sedikit keras, menjadikan beras merah ini tidak terlalu banyak memiliki peminat. Padahal ada berbagai tips yang bisa kamu coba untuk menghasilkan beras menjadi lebih pulen lho.

  • Simpan beras merah di dalam kulkas

Apabila satu karung beras tidak muat di dalam kulkas, pindahkan ke wadah terutup. Simpan dalam kulkas selama beberapa bulan. Meskipun terbilang berbeda dengan beras putih pada umumnya, cara tersebut dapat memberikan rasa terbaik dari beras merah.

  • Hindari penggunaan beras merah yang disimpan terlalu lama

Meskipun menghasilkan rasa terbaik setelah disimpan beberapa bulan, pastikan juga beras masih layak untuk dikonsumsi. Ada baiknya menyimpan beras tidak lebih dari setahun. Penyimpanan beras yang lebih dari setahun akan mengubah rasa.

  • Rendam beras dengan air

Sebelum dimasak, rendam beras terlebih dahulu selama 30 menit. Hal tersebut bertujuan untuk membuat tekstur beras lebih lunak dan empuk. Biasanya rasio yang digunakan adalah 4:1, yaitu 4 gelas air dengan 1 gelas beras merah.

  • Panggang beras

Meskipun dipanggang rasa beras tidak akan berubah. Beras merah yang dipanggang akan memperkuat sentuhan rasa kacang dari beras merah. Setelah itu, tumis beras dengan sedikit minyak zaitun, tambahkan air, dan aduk hingga harum.

  • Jangan langsung menyajikan nasi

Setelah selesai memasak beras merah, jangan langsung membuka tutup panci atau rice cooker. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar uap air terserap oleh nasi dan membuat tekstur lebih ringan dan mengembang. Cara ini juga mencegah nasi menjadi lengket.

Bagaimana? Sangat menarik bukan pembahasannyaq? Sekali lagi, mengonsumsi beras merah ini sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Jangan takut karena teksturnya yang keras, kan sudah ada tips mengolah nasi merah menjadi pulen, sehingga kamu akan lebih leluasa deh dalam menyantapnya. Cukup sekian pembahasan cara memasak beras merah beserta tipsnya. Kamu punya tips dan resep lebih menarik? Yuk saling share.

Sign In or Register to comment.