Gempa 7.2 Magnitudo Guncang Papua Nugini



Detik Akurat – Gempa dengan magnitudo 7.2 mengguncang Papua Nugini pada Selasa (7/5). Pusat gempa berada pada kedalaman 127 kilometer, dan berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Bulolo.

Seperti dilansir AFP, guncangan gempa dirasakan hingga Ibu Kota Port Moresby yang berada sekitar 250 kilometer dari pusat gempa.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda terjadinya tsunami akibat gempa. Perwakilan Kepolisian Bulolo, Inspektur Leo Kaikas, mengatakan mereka belum menerima laporan langsung mengenai adanya kerusakan serius akibat gempa.

“Kami masih mengawasi situasi sekitar,” tambahnya.

Sebagian penduduk di daerah Lae, yang berjarak 100 kilometer, melaporkan guncangan gempa telah merobohkan beberapa rak dan meja kerja serta menyebabkan listrik padam di sejumlah area. Ada sekitar 110,000 jiwa mendiami lokasi dengan jarak 50 kilometer dari pusat gempa.

Sedangkan menurut pengakuan dari pegawai hotel Pine Lodge di Bulolo, gempa hanya menyebabkan barang-barang jatuh dari meja, selebihnya tidak ada dampak serius yang terjadi.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 7.5 M juga sempat melanda wilayah pegunungan Papua Nugini pada Februari tahun lalu. Gempa tersebut menyebabkan tanah longsor dan mengubur rumah-rumah warga serta menyebabkan 125 orang tewas.

Menurut data Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), sekitar 13 gempa bumi terjadi dan mengguncang area Pasifik yang di dalamnya mencakup Papua Nugini sejak 1900 lalu. Gempa bumi juga kerap kali terjadi di Papua Nugini, tepatnya di area yang disebut Cincin Api Pasifik sebagai lokasi aktivitas seismik, tempat terjadinya gesekan antar lempeng tektonik.

 

Baca Juga :

Rahasia Awet Muda Masa Kini Gunakan Masker Sperma

Mobil Elektrik Tesla Bisa Terjang Genangan Air

Sign In or Register to comment.