Mengulas Tentang Beberapa Jenis Alergi Kulit Pada Anak dan Solusi Tepatnya


Bayi masih sangat rentan sekali terhadap berbagai jenis serangan dari lingkungan luar, tidak heran jika mudah terserang penyakit. Banyak sekali jenis penyakit yang umum dialami oleh bayi salah satu yang sering adalah alergi. Tentu pemicu alergi kulit pada anak itu bisa bermacam-macam dari mulai kondisi lingkungan, cuaca, makanan, suhu ataupun lain sebagainya. Bagi beberapa orang tua terkadang tidak sadar akan tanda yang diperlihatkan dari kulit bayi. Padahal setiap jenis alergi mempunyai ciri yang tentunya berbeda-beda.

Jangan pernah menyepelekan apapun jenis alergi yang dialami oleh buah hati, karena jika tidak diatasi dengan cepat dan sigap akan memberikan dampak buruk. Bukan hanya kenyamanannya tetapi juga kesehatan lainnya. Namun sebelum Anda mengetahui cara mengatasi alergi pada buah hati dengan benar. Ada baiknya mengenal dari jenis alergi yang dapat menyerang pada anak-anak, sebagai berikut:

Eksim

Bisa dikatakan ini merupakan masalah yang paling umum sekali menyerang anak yang ditandai dengan benjolan kecil. Bahkan ada beberapa bayi yang lebih rentan mengalami masalah tersebut karena memang faktor lingkungan ataupun genetic. Untuk pemicu utamanya tentu dari suhu yang panas, sabun dengan kandungan yang tidak aman dan beberapa lainnya.

Popular Urticaria

Lalu ada jenis alergi yang muncul dari reaksi gigitan serangga, pertama kalinya muncul seperti ruam atau benjolan. Untuk serangga yang dimaksudkan sendiri disini adalah seperti nyamuk, kutu ataupun beberapa lainnya. Untuk anak usia dua sampai dengan 6 tahun sangat rentan sekali mengalami jenis alergi ini.

Bintik Merah

Selanjutnya ada jenis alergi yang dikarenakan tubuh melepas senyawa dan memunculkan bintik merah atau gejala alergi lain. Rasa gatal akan secara langsung muncul ketika bintik tersebut muncul. Untuk bagian yang bisa diserang jenis alergi kulit pada anak satu ini beragam, bisa dimana saja dan umumnya berkelompok.

Alergi Makanan

Untuk anak-anak, jenis alergi satu ini juga bisa dikatakan sangat umum sekali biasanya ditandai dengan bintik merah, di area, muntah ataupun lainnya. Ini muncul pada anak usia 6 bulan saat pertama kali mengenal makanan. Makanya setelah anak 6 bulan bukan hanya persiapan MPASI saja tetapi pengetahuan mengenai alergi juga penting.

Sebenarnya sebagian besar jenis alergi yang terjadi pada anak itu akan hilang sendiri seiring pertambahan usia serta kekebalan tubuh masing-masing. Tidak semua anak membutuhkan perawatan khusus, meskipun begitu bukan berarti tidak perlu diatasi. Karena terganggunya rasa nyaman pada anak akan membuat semakin rewel ketika gatal, panas dan alergi muncul. Makanya untuk meminimalisir hal itu bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Bersihkan semua pakaian anak dengan tepat, penggunaan detergen yang aman dan tidak mengandung zat berbahaya. Rinso menjadi pilihan terbaik, selain itu produk tersebut juga sudah tersedia dengan teknologi penghilang bakteri yang ampuh.
  • Penggunaan shampo, lotion dan sabun pewangi yang tepat baik untuk mandi ataupun pakaian.
  • Membersihkan tempat tidur secara teratur untuk meminimalisir munculnya serangga.
  • Perkenalkan makanan dengan baik, kenali jenis atau tanda munculnya alergi.

 Baca juga : 6 Harga Stik Golf Termahal di Dunia yang Pernah Terjual

Sebagian besar penyebab alergi itu adalah pakaian yang kurang nyaman, seperti mencuci yang kurang tepat. Ya, penggunaan detergen juga bisa menjadi penyebab utama alergi kulit pada anak yang jarang disadari oleh orang tua. Makanya setelah mempunyai baby ada baiknya menggunakan segala sesuatu dengan pertimbangan yang baik. Seperti pemilihan detergen yang aman dari Rinso, selain membersihkan noda dan membunuh bakteri Rinso juga sudah tersedia dalam campuran pewangi sekaligus.

Sign In or Register to comment.