Panduan Cara Import Barang dari China Menggunakan Jasa Forwarder

Jika anda kesulitan mengimport barang dari China ke Indonesia, anda dapat lebih mudah jika menggunakan bantuan jasa cargo import borongan/ cargo door to door service.

Cargo import borongan adalah jasa pengiriman barang dari luar negri dimana harga yang anda bayar sudah all in (termasuk pengurusan pajak, pph, ppn, cukai, custom clearance dll) terima bersih sampai Jakarta-Indonesia.


Jika menggunakan jasa forwarder borongan, anda bisa melakukan pengiriman barang menggunakan 2 jalur. Jalur udara dan laut (FCL &LCL).


Pengertian FCL & LCL:

FCL (Full Container Load) adalah pengiriman barang dengan menggunakan container dimana pengiriman barang dalam 1 container penuh dimiliki oleh hanya satu pengirim. Semua barang dalam container itu milik seorang saja tidak bercampur dengan barang orang lain.


Pengiriman dengan FCL(Full Container Load) terdiri dari 2 pilihan yaitu 20" dan 40".

20" terdiri dari 28 kubik

40" terdiri dari 68 kubik


Perhitungan biaya dengan menggunakan FCL untuk cargo borongan biasanya langsung per satu container.


LCL (Less Container Load) adalah pengiriman barang dengan menggunakan container dimana pengiriman barang dalam 1 container penuh terdiri dari beberapa pengirim yang di gabungkan dalam container tersebut. Jadi dalam 1 container tersebut, terdapat barang campuran yang dimiliki oleh orang yang berbeda.


Pengiriman barang menggunakan sistem LCL (Less Container Load) untuk setiap customer yang ingin melakukan pengiriman barang via laut dengan satuan per kubikasi.

Jadi untuk menghitung biaya LCLyaitu harga per kubik dikalikan dengan berapa kubikasi customer.


Hal yang pertama kali harus dilakukan tentunya anda harus mencari supplier nya terlebih dahulu. Pencarian supplier China dapat anda temukan dengan mudah melalui marketplace seperti Alibaba, Aliexpress, 1688, Tmall, Taobao dll. Setelah anda menemukan barang yang anda inginkan, anda bisa melakukan live chat dengan supplier (kebanyakan fasih bahasa inggris kecuali Taobao) untuk nego harga dan jika sudah deal anda bisa melakukan transaksi. Untuk anda yang kesulitan dalam masalah pembayaran, anda juga dapat menggunakan jasa titip tranfer.


SISTEM KERJA CARGO BORONGAN:


Pihak importir sebagai pemilik barang, pihak cargo / jasa cargo import borongan yang mengurus dan mengatur masalah perizinan, cukai, dll dan membawa barang tersebut sampai di gudang forwarder di Jakarta. 

Secara garis besar skema cara kerja cargo borongan / door to door yaitu:

-Importir melakukan transaksi dengan supplier.

-Importir menghubungi forwarder dan menentukan pengiriman apakah menggunakan via udara / laut.

-Setelah deal harga & sudah menentukan via yg akan diambil, pihak forwarder akan memberikan alamat gudang dan kode marking.

-Barang dikirim oleh supplier ke gudang forwarder di China.

-Importir wajib memberikan dokumen pendukung kepada forwarder yaitu Invoice & Packing List.

-Barang yg sudah tiba di gudang akan di atur stuffing pengiriman ke Indonesia.

-Segala perizinan, custom clearance dll sudah diurus oleh pihak forwarder.

-Importir menunggu barangnya sampai di Jakarta-Indonesia.

-Pihak forwarder akan mengontak anda jika barang sudah tiba di gudang forwarder di Jakarta.

-Setelah barang tiba di tempat forwarder, anda akan diberikan tagihan ongkir ekspedisi.

-Barang akan diantar ke tempat tujuan anda setelah pelunasan.


Harga sudah ALL IN meliputi:

-Handling export, custom clearance , bea masuk,PPN PPH.

-Stuffing, trucking, warehousing.

-Delivery Jakarta Area.

-Harga tidak termasuk biaya tax refund , export permit di Negara Asal atau Inspection di Negara asal.

-Garansi & asuransi.



Untuk anda yang baru pertama kali import barang dari luar negri, mungkin anda akan was-was dalam memilih forwarder yang dapat dipercaya. Tips dan trik dalam memilih forwarder terpercaya sangat mudah. Jangan teriming-iming harga yang murah karena terkadang dibalik biaya yg murah terdapat biaya tambahan lain-lain atau yg biasa disebut sebagai biaya siluman sehingga anda harus berhati-hati. 


Biaya pengiriman dari China yang dipatok oleh pihak forwarder berbeda-beda tergantung jenis pengiriman yang anda pilih (udara/laut) dan tarif nya bervariatif tergantung jenis barang yang anda import. 


Hal-hal yg tidak ditanggung oleh ekspedisi:

-Bocor, packing original isi kurang / rusak, barang kaca / cairan, mudah rusak, mudah pecah bukan tanggung jawab kami (mohon dipacking wooden case / peti kayu semua sisi). Segala kebocoran /pecah /retak diluar tanggung jawab kami.

-Barang tidak sesuai document / pemberitahuan dan barang barang berbahaya seperti NARKOBA, HP, IPAD/LAPTOP, PERHIASAN NILAI TINGGI, BAHAN PELEDAK, DLL yang tidak di ijinkan import bebas oleh Negara.

-Barang tanpa packing / barang rusak karna packing tidak aman / dus tipis.

-Terjadi force majeur (perang / bencana alam / faktor alam) Barang terkena hujan, air laut, banjir, berkarat, atau sifat alami dari barang itu sendiri.

-Packing / Kemasan Penyok, Hilang , Rusak Pieces / Rusak per pcs, pengaduan lebih dari 1x 24 jam setelah menerima barang, dan harus disaksikan oleh team pengantar kami.

-Tidak sesuai dengan document/ pemberitahuan awal atau tidak sama seperti invoice dan packing list.


Jika anda membutuhkan jasa forwarder terpercaya, klik aja disini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pemula import.

Sign In or Register to comment.