Mata Uang Asing Senilai Rp 90 M Diperiksa Polisi

Detik Akurat – Kepala Hubungan Masyarakat Polisi Metropolitan Jakarta, Komisaris Polisi Argo Yuwono, mengatakan bahwa ia telah memeriksa enam orang dengan mata uang asing senilai Rp. 90 miliar di bandara Soekarno Hatta.

Namun, sampai sekarang, orang yang dimaksud tidak dapat membuktikan asal uang itu.

“Setelah kami tanyakan kepada mereka yang membawa uang sejauh ini, belum ada bukti bahwa uang itu dari mana,” kata Argo, di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019) .

Argo mengatakan keenam orang itu diamankan di bandara Soekarno Hatta begitu mereka tiba dari Singapura. Menurut pengakuan mereka , kata Argo, mereka membeli mata uang asing dari luar negeri.

“Akan tetapi kita sebagai peneliti, harus mempertanyakan keberadaan sejumlah besar uang yang masuk ke Indonesia, yang mana buktinya ketika mereka membeli di luar negeri.” Sejauh ini belum dapat membuktikan. “Mereka adalah karyawan pertukaran mata uang di Jakarta” katanya.

Sementara itu, Argo menjelaskan bahwa ketika pemeriksaan koper dilakukan, keenam orang itu ditemukan dalam berbagai jenis mata uang asing.

“Ada (mata) Yen, Singapura, Real, Selandia Baru – semua itu jika kita mengubah kurs sekitar Rp 90 miliaran,” jelasnya.

Sign In or Register to comment.