Arema FC Sebagai Juara Piala Kepresidenan 2019

Detik Akurat – Arema FC keluar sebagai juara Piala Kepresidenan 2019 setelah menggulingkan Persebaya 2-0 di Derby Jawa Timur di babak kedua final yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Jumat (12/4/2019) malam WIB

Arema FC 4-2 total setelah leg pertama di kandang melawan Persebaya awal pekan ini, berhasil mengamankan hasil imbang 2-2.

Ahmad Nur Hardianto mencatat sepasang gol dari Arema di pertandingan tahap kedua dalam 43 menit, dan Ricky Kayame dalam 90 + 1 menit.

Jalannya pertandingan

Di menit kedua, Persebaya langsung mengancam melalui penyerang terdepan, Manuchekhr Dzhalilov. Sayangnya, tendangan dari penyerang paspor Tajikistan hanya mengenai mistar gawang Arema.

Dua menit kemudian, giliran eksekusi lemparan bebas bintang Arema, Makan Konate, yang membentur tiang Persebaya. Hampir

Setelah peluang Konate, hingga menit ke-15, kedua tim mulai memperlambat permainan setelah banyak peluang tercipta.

Meski begitu, kedua tim bertukar serangan hingga pertandingan memasuki menit ke-30.

Bagi Persebaya, kemenangan 1-0 sudah cukup untuk membawa pulang trofi di Surabaya. Namun hingga saat ini belum ada peluang emas yang berhasil diciptakan oleh tim berjuluk Bajul Ijo.

Justru Arema yang terlihat lebih skematis dalam realisasi serangan dan lebih berbahaya. Tim tuan rumah akhirnya berhasil unggul melalui Ahmad Nur Hardianto dalam 43 menit.

Kemajuan umpan Konate dapat diselesaikan oleh pemain nomor tujuh yang merupakan gol dengan tendangan keras.

1-0!

Skor 1- 0 untuk keunggulan Arema bertahan sampai wasit meniup peluit panjang menandakan akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Arema masih berinisiatif menyerang. 59 menit, Hansamu Yama dapat dengan baik memotong umpan silang horizontal Konate di sisi kiri. Momentum Arema pecah kali ini.

Pada menit 73, kamera televisi menyorot Khofifah Indar Parawangsa, Puan Maharani dan Gusti Randa, yang berada di tribun VIP Stadion Kanjuruhan.

Khofifah sendiri akan menggantikan Presiden Jokowi untuk memberikan trofi kepada tim juara Piala Presidensial 2019.

Laga berlanjut, 84 menit, striker Dedik Setiawan menerima bola dan langsung memimpin serangan Arema. Sayangnya, persimpangan Konate tidak optimal, sehingga kesempatan ini terlewatkan.

Menit pertama waktu di babak kedua cedera, Ricky Kayame akhirnya mengamankan kemenangan Arema FC 2-0.

Bola dilepaskan dari penangkapan kiper Persebaya, Abdul Rohim, dan bola jatuh di kaki Kayame, yang berhasil mengirim bola ke gawang untuk menjadi gol.

Di sisa waktu pertandingan, tidak ada lagi gol yang akan dibuat. Pertandingan berakhir dengan skor 2-0 untuk memenangkan Arema FC.

Susunan Pemain

Arema FC XI: Kurniawan Katrina Aji; Hanif Sjahbandi, Arthur Cunha, Hamka Hamza, Johan Ahmad Farizie, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Makan Konate, Nur Hardianto, Dedik Setiawan, Riky Kayame.

Persebaya XI: Abdul Rohim; Novan Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi, Abu Rizal, Damian Lizio, Misbakus Solihin, Irfan Jaya, Manuchekhr Dzhalilov, Amidou Balde.

Sign In or Register to comment.