Cara Import dari China: Syarat & Ketentuan Menggunakan Jasa Ekspedisi Import Borongan

Cara import barang dari China jika menggunakan jasa ekspedisi import borongan sangat mudah. Setelah anda menemukan supplier dan selesai bertransaksi, anda hanya perlu mengirimkan barang anda ke alamat agent sesuai dengan alamat yang telah diberikan oleh pihak forwarder anda. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengiriman barang ke gudang forwarder yaitu diantara lain:


1. Biaya jasa ekspedisi import door to door atau ekspedisi borongan sudah ALL IN ( harga sudah termasuk biaya loading, freight kapal dan stuffing, document export, asuransi kapal, bea masuk, PPN,PPH


2. Setiap pengiriman harus dicantumkan MARKING CODE baik untuk via udara maupun laut.


3. Harga yang sudah ditawarkan sudah termasuk asuransi namun kehilangan, kerusakan, kekurangan, serta tidak berfungsinya barang karena Force Majeur (bencana alam, kapal tenggelam dll) atau karena tidak sesuai dengan standart export adalah diluar tanggung jawab kami. 


4. Harap konfirmasi terlebih dahulu ke pihak forwarder sebelum pengiriman. Notes: Akan lebih baik untuk memberikan dokumen pelengkap kepada kami seperti Invoice dan Packing List.


5. Jika terjadi redline, harga kemungkinan dapat berubah sewaktu-waktu. Namun kita akan mengkonfirmasi terlebih dahulu jika terjadi perubahan harga. Jika customer sepakat barang baru berani dijalankan sesuai dengan harga baru.


6. Segala bentuk kebocoran atau pecah belah merupakan diluar tanggung jawab kami dan tidak dapat di claim.


7. Untuk barang pecah belah atau ringkih / cairan, mohon dilakukan packing kayu atau peti agar barang aman.


8. Customer diharapkan jujur dalam memberikan informasi barang di Invoice dan Packing List. Pihak Xing Lie Cargo tidak bertanggung jawab jika isi barang tidak sesuai dengan Packing List.


9. Adanya Notul (tambah bayar) ditanggung oleh pihak customer jika dikenakan oleh Bea Cukai karena adanya undervalue (harga barang dikecilkan), barang tidak sesuai, dll.


10. Khusus untuk pengiriman barang udara, harap diperhatikan volume.


11. Jika barang sudah terlanjur tiba di Gudang kami, dan barang pengiriman udara tersebut kena volume, maka harga tersebut mengikuti ketentuan harga ekspedisi.


12. Barang yang beratnya mencapai ratusan kilo, memungkinkan adanya biaya Fork Lift.


13. Adanya biaya tambahan lain yang dikenakan ke customer jika barang tersebut memiliki Tax Refund.


14. Khusus untuk pengiriman transhipment ke Singapore, akan dikenakan biaya permit / custom diluar dari biaya ekspedisi.


15. Barang yang sudah bongkar di Jakarta, customer harus segera menerima barang tersebut. Kami tidak bertanggung jawab jika ada tagihan biaya gudang (Demorages) jika barang yang sudah sampai tidak diambil-ambil.


16. Untuk pergantian klaim barang, kami menggunakan kurs pada saat penggantian.


17. Jika sewaktu-waktu terjadi larangan pembatasan import (lampu merah/ Red Line), customer harus menunggu sampai proses selesai tanpa ada tekanan, pergantian untuk model yang tertinggal, barang rusak karena mutu rendah, Penalty dll.


18. Sebelum barang sampai di gudang forwarder, tidak ada tagihan biaya / DP ke pihak customer.


Article by: www.xingliecargo.com -- Your Trusted International Freight Forwarder --

Sign In or Register to comment.