Samsung Galaxy Note 10 Tak Punya Tombol Fisik Sama Sekali

Detik Akurat – Rumor mengenai Samsung Galaxy Note 10 mulai berdatangan. Smartphone flagship Samsung ini dikabarkan akan hadir tanpa tombol fisik sama sekali untuk menciptakan desain yang “keyless” atau “buttonless”.

Artinya Galaxy Note 10 tidak memiliki tombol untuk power dan kontrol volume. Selain itu, tombol untuk asisten pintar Bixby juga dikabarkan akan hilang.

Dilansir DetikAkurat dari Tech Radar pada hari Rabu (27/03/19) sebagai ganti dari tombol fisik tersebut Galaxy Note 10 akan memiliki area kapasitif di tempat yang sebelumnya dihuni oleh tombol fisik yang bisa diaktifkan dengan sentuhan.



Perusahaan asal Korea Selatan ini sebelumnya pernah mendaftarkan paten yang mendeskripsikan gestur menekan bagian tepi layar bisa digunakan untuk melakukan berbagai tindakan. Yang lebih menariknya lagi, fitur ini kabarnya tidak ekslusif untuk smartphone flagship Samsung. Lini Galaxy A yang menyasar segmen menengah disebut akan memiliki hal yang sama bahkan memilikinya duluan sebagai uji coba sebelum diterapkan di flagship.

Praktik seperti ini telah dilakukan oleh Samsung sebelumnya. Seperti Galaxy A8S yang pertama kali memiliki lubang di layar untuk kamera depan sebelum kemudian digunakan untuk lini Galaxy S10.

Rumor lain menyebutkan Smartphone ini akan diluncurkan pada bulan Agustus mendatang. Sedangkan penjualan Galaxy Note 10 nantinya akan dimulai pada akhir bulan Agustus atau awal bulan September mendatang.

Jika rumor ini benar, maka Galaxy Note 10 akan menjadi smartphone pertama dari Samsung yang memiliki desain seperti itu. Namun beberapa vendor China telah meluncurkan prototipe smartphone tanpa tombol bahkan tanpa lubang konektor seperti Vivo Apex dan juga Meizu Zero.

Detik Akurat

Sign In or Register to comment.