Selain Manfaat, Ketahui Juga Risiko dari Kandungan Susu Kesehatan Anak

Kandungan susu memang dinilai cukup lengkap dan dipercaya mampu memberikan banyak manfaat pada tubuh manusia. Namun tahukah Anda apa saja yang terkandung dalam susu dan manfaat yang dibawanya?

Selama ini susu dijadikan minuman penting bagi anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini tidak lain karena manfaat susu yang sangat sering kita dengar yaitu bisa mendukung dan menjaga kesehatan. Tapi perlu Anda tahu susu tak selalu memberikan manfaat, bahkan terkadang susu juga cukup membahayakan untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Pada Susu

Susu sering disebut sebagai makanan alami dengan kandungan nutrisi yang hampir sempurna. Hal ini bukan tanpa alasan karena susu memang kaya nutrisi dan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh terdapat pada susu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kandungan nutrisi yang ada dalam susu:

  1. Mineral

Jika berbicara tentang susu, Anda pasti ingat dengan kandungan nutrisi susu berupa kalsium. Susu memang merupakan sumber tertinggi dari mineral yang baik untuk tulang ini. Itu sebabnya susu bagus untuk mendukung pertumbuhan tulang anak. Selain kalsium, susu juga mengandung mineral lain berupa fluor yang baik untuk menjaga kesehatan gigi.

  1. Protein

Protein yang terkandung dalam susu pada umumnya sebanyak 3,2 gram. Protein susu ini membantu meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Kandungan nutrisi di dalam susu yang satu ini juga berguna untuk membantu pembentukan jaringan tubuh serta membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak.

  1. Laktosa

Laktosa termasuk dalam golongan karbohidrat yang masih aman untuk tubuh. Laktosa sendiri adalah gula yang mengandung glukosa dan galaktosa dengan rasa yang tidak begitu manis. Oleh sebab itu kandungan laktosa dinilai cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

  1. Lemak

Lemak susu tergolong lemak sehat, jadi Anda tidak perlu khawatir lemak ini akan tertimbun di dalam tubuh. Lemak sehat akan benar-benar habis terbakar, apalagi lemak susu berbentuk cair sehingga mudah untuk dicerna.

  1. Vitamin

Selain kandungan nutrisi yang telah disebutkan, susu juga kaya akan vitamin seperti vitamin B1 dan vitamin C. Vitamin B1 berperan membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa dimana ini akan diproses menjadi energi. Selain itu, vitamin B1 juga penting untuk kesehatan jantung dan fungsi syaraf. Sedangkan vitamin C berguna untuk membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh

Rutin mengonsumsi segelas susu setiap hari digadang-gadang mampu memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat minum susu untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk tulang adalah salah satu jenis kandungan pada susu yang cukup tinggi. Tidak heran jika susu dapat memenuhi kebutuhan kalsium yang akan membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang. Tubuh yang cukup kalsium dapat lebih terhindar dari osteoporosis dan gigi berlubang atau kerusakan tulang lainnya.

  1. Membangun dan Memulihkan Otot

Sebagai sumber protein yang baik, susu berguna untuk membangun dan memulihkan otot tubuh. Mengonsumsi susu setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik diyakini mampu membantu membangun kembali otot dengan lebih cepat. Kandungan lemak jenuh pada susu juga dapat mempertahankan massa otot dengan mencegahnya digunakan untuk energi.

  1. Mendukung Berat Badan Ideal

Mengonsumsi susu rendah lemak saat diet dapat membantu menurunkan berat badan. Namun meski berat badan menurun, massa otot masih akan tetap terjaga sehingga tubuh lebih ideal. Namun hal ini selama susu yang dikonsumsi tidak memiliki jumlah kalori yang tinggi.

  1. Memulihkan Stres

Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu mampu membantu menenangkan saraf dan meregangkan otot yang tegang setelah beraktivitas. Jika badan terasa rileks, stres dan kelelahan yang dirasakan tentu akan berkurang. Kondisi ini juga termasuk dengan gejala PMS pada wanita dimana susu bisa bantu mengurangi gejala yang dirasakan.

Masalah Kesehatan yang Bisa Disebabkan Susu

Meski kandungan susu dinilai sangat bermanfaat agar tubuh tetap sehat, tapi kadang susu juga dinilai berbahaya untuk orang dengan kondisi tertentu. Dimana masalah kesehatan bisa ditimbulkan seperti beberapa masalah kesehatan berikut ini:

  1. Mual dan Alergi

Susu tidak semua orang suka meminumnya, ada juga orang yang tidak suka atau bahkan alergi susu. Kondisi alergi ini bisa disebabkan oleh dua hal yaitu intoleransi laktosa dan sensitif terhadap protein susu sapi. Masalah kesehatan yang ditimbulkan dari alergi ini bisa berupa mual, mulas, gangguan pencernaan hingga gejala alergi pada kulit seperti gatal-gatal dan bengkak.

  1. Sembelit

Sembelit atau susah air besar yang disebabkan karena susu bisa terjadi jika susu dikonsumsi secara berlebihan atau ketidakmampuan tubuh memproses protein susu. Karena protein yang tidak bisa diproses dengan baik inilah yang membuat sistem pencernaan terganggu dan mengakibatkan sembelit.

  1. Obesitas

Masalah kesehatan ini sering terjadi pada orang dewasa yang mengonsumsi susu secara berlebihan saat usia balita. Meski pada beberapa kasus kondisi ini juga terjadi pada usia anak-anak. Hal ini karena tubuh terlalu banyak mendapat protein, apalagi kebanyakan susu sekarang ini telah diberi gula tambahan dalam jumlah yang cukup banyak.

  1. Batuk

Susu bisa menghasilkan lendir, itu sebabnya susu lebih baik tidak dikonsumsi saat sedang batuk atau sakit tenggorokan. Terutama untuk orang yang alergi terhadap susu karena mengkonsumsi susu justru dapat memperburuk kondisi batuk dan dahak yang diderita.

Perlu Anda ketahui bahwa kualitas kandungan susu dipengaruhi oleh kualitas sapi penghasil susu, proses pengolahan yang tepat dan cara menyajikannya. Oleh sebab itu saat ingin mengonsumsi susu sebaiknya perhatikan lebih dulu jenis dan kandungan yang terdapat pada susu. Asalkan bunda pilih susu balita yang terbaik, risiko tersebut tidak akan dialami oleh sang buah hati.

Comments

Sign In or Register to comment.