Rekomendasi Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


 

Makanan sehat dan mudah dicerna akan membantu Ibu menjaga kesehatan perut dan mencegah timbulnya perasaan tidak nyaman di lambung. Berikut merupakan rekomendasi menu makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi ibu saat hamil:


 

Sarapan:

Para calon ibu wajib tahu, kalau gandum adalah salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Gandum mengandung vitamin B1, magnesium, zat besi serta serat yang lebih tinggi dari pada nasi putih. Ibu bisa mengonsumsinya saat sarapan, dalam bentuk oatmeal atau sereal. Selain gandum, tambahkan juga buah segar sepertti pisang, alpukat, mangga sebagai pendampingnya.

Makan siang/makan malam:

Nasi, lauk pauk dan pastinya sayur menjadi menu wajib untuk disantap. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli jadi pilihan tepat untuk ibu hamil. Kandungan vitamin A dalam bayam sangat baik untuk dikonsumsi. Serat dalam sayur juga mencegah sembelit, lho.

Untuk lauk pauk, jangan lupa mengonsumsi ikan salmon atau telur. Ikan salmon dan telur kaya akan protein dan asam amino yang baik untuk janin. Tetapi, jangan sering-sering mengonsumsi telur, ya. Sebab telur dikenal sebagai pemicu naiknya kolestrol dan pastikan lauk dimasak dengan matang sempurna.

Camilan:

Tahukah kamu, kalau kacang-kacangan itu sangat baik dikonsumsi ibu hamil? Kacang almond, kenari dan hazelnut adalah beberapa contoh jenis kacang yang bagus dikonsumsi selama hamil. Kacang-kacangan tersebut mengandung folat, kalsium dan zat besi yang baik untuk ibu maupun si janin.

 

Selamat mencoba!

Sign In or Register to comment.