Inilah 3 Masalah Seksual Yang Sering Mengganggu Kesehatan Reproduksi Wanita

Berita Akurat - Tidak hanya hak kesehatan dan hak pendidikan saja, setiap orang juga berhak mendapatkan hak kesehatan reproduksi dan seksual yang baik serta aman. Ini artinya, para penyandang cara pun berhak atas hak-hak tersebut. Namun sayangnya, banyak orang menganggap bahwa penyandang disabilitas tak mengalami aktivitas seksual yang sama seperti orang normal. Akibatnya, para penyandang cacat sering kali dihantui oleh berbagai masalah seksual dalam hidupnya.

Baca juga : Bagi Yang Suka Oral Seks, Berhati-Hatilah !! Kanker Mengintai Anda !!

Masalah seksual yang sering mengintai penyandang cacat

Menurut WHO, ada beberapa masalah seksual dan kesehatan reproduksi yang dihadapi oleh penyandang cacat, yaitu :

1. Sering dipaksa melakukan hal yang tak diinginkan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa orang yang punya keterbatasan fisik sering kali mendapatkan paksaan untuk melakukan hal-hal yang tidak mereka inginkan atau sadari. Misalnya saja, mereka tidak boleh berpacaran atau menikah dengan orang yang mereka sukai atau bahkan dipaksa menikah oleh keluarganya.

Padahal, semestinya pernikaha terjadi atas dasar suka sama suka alias kesepakatan kedua belah pihak. Karena dianggap merepotkan, mereka sering kali mendapatkan perlakuan yang tidak diinginkan. Misalnya dijadikan pembantu, korban pemerkosaan dalam perkawinan, dan pelecehan seksual lainnya.

2. Berisiko menjadi korban pelecehan seksual

Masih menurut WHO, para penyandang cacat berisiko 3 kali lebih besar mengalmai pelecehan seksual, dibandingkan orang normal. Namun sayangnya, kasus pelecehan seksual pada penyandang cacat sering kali dianggap sebagai masalah yang sepele. Bahkan lebih parahnya lagi, kejadian ini sering diabaikan dan dianggap aib oleh keluarganya sendiri.

Kondisi fisik yang tidak normal sering kali dimanfaatkan oleh para pelaku pelecehan seksual untuk melakukan hal-hal yang tidak senonoh terhadap korban. Hal ini pun dapat dilakukan oleh orang-orng terdekat, entah itu teman sekolah, tetangga, atau bahkan orang yang hidup serumah dengannya.

Baca Selengkapnya : beritaonline24.biz

Sign In or Register to comment.