Tepung-tepung yang Hits di Indonesia



Banyaknya jenis masakan di Indonesia membuat para penikmatnya ataupun pembuatnya akrab dengan beragam tepung. Tepung sendiri bisa dikatakan sebagai tekstur, namun ada beberapa jenis yang sering dipakai untuk memasak dessert atau campuran makanan lainnya. Ada apa saja sih?

Tepung terigu
Yang pertama ini sungguh banyak dipakai dan cukup dikenal, entah untuk kue atau masakan lainnya. Terbuat dari biji gandum murni dengan 3 jenis protein, yaitu rendah, tinggi dan sedang. Jenis-jenis ini juga tergantung untuk apa tepung tersebut digunakan

Tepung sagu
Namanya sudah jelas kalau tepung ini dibuat dari pohin sagu atau pohon aren. Teksturnya lebih kasar daripada tepung yang lainnya dan warnanya agak keruh. Biasanya suka dipakai untuk bikin bubur atau pempek

Tepung tapioka
Ada yang suka menganggap tepung ini sama dengan tepung sagu, padahal dari bahan dasarnya sudah berbeda. Tapioka dibuat dari pati singkong dan nggak mengandung protein sama sekali.

Tepung beras
Tepung berikutnya bertekstur sangat halus dan agak kesat kalau dibandingkan dengan tepung terigu. Ada beberapa kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, kayak bubur sumsum misalnya atau digunakan juga untuk pembuatan bihun.

sumber
Sign In or Register to comment.