Piala Dunia 2018 – Messi dan Timnas Argentina Dapat Pujian Dari Palestina, Ada Apa?

Piala Dunia 2018 – Jelang pertandingan Piala Dunia, semua timnas memang melakukan pertandingan persahabatan dalam rangka pemanasan. Timnas Argentina mendapatkan lawan timnas Israel, namun laga tersebut tidak terjadi. Hal ini bahkan menuai pujian dari petinggi organisasi sepakbola Palestina, bahkan pujian ini juga ditujukan untuk sang mega bintang, Lionel Messi.

Awalnya pertandingan ini akan berlangsung di Haifa, kota pesisir Israel, namun akhirnya dipindahkan ke Yerusalem. Sebab ada desakan dari Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel. Pembatalan pertandingan di umumkan oleh Gonzalo Higuain, dimana pertandingan yang dijadwalkan pada Selasa, (06/05/2018) waktu setempat memang harus dibicarakan ulang.

Hal ini membuat Jibril Rajoub selalu Presiden Asosiasi Sepakbola Palestina, memberikan pujian atas keputusan timnas argentina tersebut. Bahkan dilansir dari AFB, Rajoub mengatakan jika Israel memang akan menggunakan Messi dan pemain Argentina, dirinya berterima kasih pada mereka (timnas Argentina) karena membuat keputusan yang tepat dan menghargai Palestina, bahkan ini sudah menjadi jalur yang tepat.

Bahkan di ruang konferensi ada spanduk besar yang bertuliskan, ‘Dari palestina, terima kasih Messi’, hal ini tentu saja memberikan artian besar untuk warga Palestina. Bahkan tidak ragu untuk menyandingkan bendera Argentina dan Palestina, bahkan ada foto Rajoub tengah berpose bersama pemain Barcelona tersebut.

Sebelumnya memang ada sikap yang kurang bagus ditujukan pada timnas Argentina, bahkan untuk Messi sendiri. Dimana Rajoub meminta semua orang untuk membakar replika Messi dan semua serba serbi timnas Argentina, jika pertandingan tersebut berlangsung di Yerusalem.

Nampaknya bukan hanya memikirkan situasi politik, namun skenario kondisi keamanan yang memang kurang kondusif antara Palestina dan Israel, sehingga timnas Argentina memutuskan untuk membatalkan pertandingan pada Selasa lalu tersebut.

Hal ini sudah pasti memicu kemarahan besar dari Asosiasi Sepak Bola Israel, bahkan memberikan tuduhan jika Palestina sudah menyeberangi ‘garis merah’ degan ikut campur dalam kondisi Israel. Bahkan pertandingan yang sudah dijadwalkan dari jauh hari harus batal, bahkan pembatalan dengan tindakan yang dinilai cukup brutal.

Hal terebut membuat Asosiasi Sepak Bola Israel, mengirimkan pengaduan pada FIFA agar mendapatkan teguran sekaligus hukuman untuk Palestina, dimana Rajoub selalu Perdana Menteri telah melakukan intimidasi berupa ancaman fisik yang dinilai sangat brutal.

Alasan mengapa Palestina tidak setuju dengan pertandingan tersebut berlangsung di pesisir, bahkan jika memang jadi laga tersebut di Yerusalem. Pasti akan ada agenda lain, bisa jadi kedatangan Messi digunakan untuk klaim dukungan Israel ke Kota Suci.

Dua hal yang selalu bertolak belakang antara Israel dan Palestina, dimana Palestina ingin ibu kota mereka di bagian timur kota sebagai negara merdeka, sedangkan Israel ingin Yerusalem sebagai ibu kotanya. Hal ini bahkan tidak akan mendatangkan kedamaian hingga terus menerus berlangsung perang yang tidak ada habisnya.

Belum ada kepastian apakah timnas Argentina akan menggelar pertandingan persahabatan di Yerusalem, namun jika melihat jadwal Piala Dunia yang sudah semakin sempit nampaknya tidak akan terjadi dan akan langsung terbang ke Rusia.
Sign In or Register to comment.

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!