Contact Us

Metode mengkoreksi Genset tak keluar Tegangan

cara-memperbaiki-genset-jika-tegangan-tidak-keluar.png

Sebenarya untuk mengenal bagaimana sistem mengkoreksi Genset silent yang tak keluar tegangannya, akan lebih gampang apabila kita mengenal Bagaimana Prinsip kerja genset mewujudkan tegangan listrik.

Tetapi pada kans ini, kita akan mengulas secara terpisah sebagian penyebab genset tak keluar tegangan.

Penyebab Genset tak keluar tegangan dan sistem memecahkannya:
Genset tak keluar tegangan bisa terjadi sebab sebagian penyebab, antara lain:

Mesin Genset tak beroperasi dengan normal.
Mesin genset tak beroperasi dengan normal juga bisa menjadi penyebab tegangan genset tak keluar. Generator mewujudkan tegangan dikala diputar dengan putaran 1500 Rpm.

Metode memecahkannya:
Nyalakan lebih-lebih dulu mesin penggagas dari Genset hal yang demikian. pastikan putaran mesin telah normal dengan kecepatan 1500 Rpm. apabila putaran masih kurang, naikkan putaran mesin hingga diperoleh kecepatan normal.

Saklar utama pada Genset hal yang demikian belum terhubung.
Saklar penghubung dari Genset menuju instalasi listrik tentunya semestinya dinyalakan supaya tegangan listrik dari genset mengalir ke instalasi listrik.

Penyebab ini juga jarang terjadi, tentunya sesudah menyalakan mesin hingga beroperasi dengan putaran normal, kemudian Saklar utamanya dikaitkan.

Saklar utama yang lazim diterapkan seperti MCCB atau Breaker (untuk genset 3 fase), MCB (untuk genset 1 fase).

Saklar ini berfungsi untuk mengaitkan atau memastikan aliran listrik dari genset menuju instalasi listrik, sekalian sebagai pengaman dikala terjadi arus lebih atau korsleting.

Pastikan tegangan listrik ada pada saklar utama ini dikala genset dioperasikan atau dinyalakan.
Ketika genset telah dinyalakan, saklar utama juga telah terhubung, periksa terminal keluaran pada saklar utama dengan testpen, apabila tegangan dari genset ada padahal di terminal keluaran dari saklar utama tak ada tegangan, berarti masalahnya ada pada saklar utama.

Metode membenarkannya:
Seandainya Saklar utama hal yang demikian telah rusak, lakukan penggantian saklar utama supaya listrik dari genset bisa terhubung dan mengalir ke instalasi listrik.
Pastikan juga situasi kabel-kabel dalam situasi baik, dan terhubung dengan bagus.

Tetapi apabila pada saklar utama tak ada tegangan listrik sama sekali, bagus di terminal input ataupun outputnya, karenanya lakukan pemeriksaan penyebab selanjutnya.

Dioda (Rotating Rectifier)
Penyebab Genset tak keluar tegangan listrik berikutnya yakni Diode penyearah (Rotating Rectifier).
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori