Inilah Macam-Macam Dan Spesifikasi Genset



Gambar di atas yaitu gambar generator bensin dengan energi output yang berbeda-beda. Kecuali generator bensin, ada juga generator diesel. Melainkan tahukah Anda bahwa generator bensin, seperti halnya motor, juga ada yang bermesin 2 tidak? Seberapa besar outputnya? Mari kita simak penjelasan berikut mengenai macam dan spesifikasi genset.

Seperti yang telah kita pahami sebelumnya, bahwa genset yaitu alat yang berfungsi menjadikan daya listrik, daya yang dijadikan ini bisa diaplikasikan sebagai substitusi daya listrik yang terputus, atau sebagai sumber listrik untuk zona yang belum terdapat listrik. Lihat: http://www.hartech.co.id/halaman/form/Jual-Genset-Jakarta.html

Macam-macam genset.
Secara awam, macam genset dibedakan menjadi dua menurut bahan bakar yang diaplikasikan, yakni :

Gasoline generators
Diesel generators.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
1. Gasoline generators.
Gasoline generators, yaitu macam dari genset yang menerapkan bensin (gasoline) sebagai bahan bakar utama pada genset hal yang demikian. Pemakaian bahan bakar macam ini ialah pengembangan dari teknologi genset terdahulu, dimana mayoritas menerapkan bahan bakar solar.
Menurut teknologi yang dipakai pada mesinnya, macam genset gasoline dijadikan menjadi dua macam yakni :
Genset mesin 2 tidak, dan
Genset mesin 4 tidak.

Gb. Generator 2 tidak.
Perbedaan pada kedua macam genset diatas yakni pada fungsi kerjanya, dimana pada macam mesin 2 tidak mempunyai karakteristik torsi yang besar dan mempunyai bagian mesin yang lebih sedikit dari macam 4 tidak, sehingga dijadikan dalam wujud kecil dengan kapasitas yang kecil pula. Macam genset 2 tidak awam diaplikasikan untuk usaha dagang dan lain-lain yang memerlukan energi kecil (kurang dari 1000 watt).

Gb. Generator 4 tidak.
Walaupun pada macam genset 4 tidak, pengembangan produk sungguh-sungguh bervariatif, produk dijadikan dari kapasitas 1500 watt, sampai 10.000 watt, sehingga membikin produk banyak diaplikasikan pada berjenis-jenis keperluan, bagus untuk pribadi sampai untuk usaha. Kecuali itu profit lain dari genset macam ini yaitu hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Pada output listrik genset macam ini, masih banyak yang memakai arus single phase, cuma pada macam yang outputnya 10.000 watt menerapkan 3 phase.


2. Diesel generators.

Sebelum populernya macam genset gasoline, pemakaian genset berbahan bakar diesel menjadi alternatif utama pada pengguna, kita mungkin masih ingat dengan nama populer pada produk genset yang menerapkan mesin diesel dengan merk “Dongfeng”. Saking populernya, banyak masyarakat menyebut genset diesel merk apa saja dengan sebutan Dongfeng.

Gb. Diesel engine "Dongfeng".
Pemakaian genset macam ini awam diaplikasikan untuk menyuplai energi dikala ada acara besar, seperti hajatan, panggung seni, dan lain-lain yang memerlukan suplai energi yang besar.

Generator macam diesel memang banyak dijadikan dengan kapasitas yang besar, dengan energi outputnya berkisar 10.000 sampai 100.000 watt/100 KVA. Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur yang dioptimalkan pada genset berbahan bakar

diesel diantaranya seperti Compact size (ukuran produk yang tak terlalu besar), Silent (bunyi kerja mesin yang tak bising), dan low emission (emisi gas membuang yang rendah).


Gb. Generatos diesel gen terupdate.
Kecuali itu, hal lain yang dipakai dalam teknologi pada segala genset yakni adanya fitur-fitur menarik, diantaranya double starter, automatic choke, low oil indicator, low tank indicator, engine wheel, remote engine system dan lain-lain.

macam-macam generator set beserta spesifikasi yang awam diaplikasikan pada produk, semoga tulisan yang sedikit ini bisa menambah wawasan anda.

Baca Juga: http://www.hartech.co.id/halaman/form/Jual-Genset.html
Sign In or Register to comment.

Welcome to FORUM!

If you want to take part in the discussions, sign in or apply for membership below!