Contact Us

Tips Kesehatan – Penting Melepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah Sumber: Tips Kesehatan – Penting Melepa

Anda tentu akan selalu mendengar ibu berkata, lepas sepatu sebelum masuk dalam rumah. Ternyata hal tersebut bukan hanya untuk menjaga kebersihan, meskipun hal ini tidak berlaku di luar negeri. Dimana setiap orang akan masuk rumah tanpa melepas sepatu, namun di Indonesia yang memberlakukan hukum tidak tertulis tersebut, terbukti membuat kesehatan Anda lebih baik.

Ini bukan hanya soal sopan santun atau adat ketimuran, namun sudah ada penelitian yang menyebutkan. Jika memang lebih baik untuk kesehatan, melepas sepatu sebelum masuk dalam rumah, kenapa bisa demikian? Kebiasaan kecil yang buruk tersebut ternyata bisa mengancam kesehatan.

Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari Universitas of Arizona, dimana kebiasaan melepas sepatu sebelum masuk rumah akan menjaga kesehatan Anda. Berikut ini penjelasan ilmiah lengkapnya yang membuktikan hal tersebut.

3 Dampak Buruk Tidak Melepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah

Bakteri

Ternyata di sepatu yang Anda gunakan sehari-hari, ada bakteri yang bisa menempel dan menularkan dari sepatu. Menurut penelitian, ada 421 ribu bakteri yang kemungkinan menempel pada bagian luar sepatu, Sembilan bakteri diantaranya bisa memberikan dampak negatif untuk tubuh.

Mulai dari Escherichia Coli (E. Coli), ini merupakan bakteri yang bisa menyebabkan diare, infeksi saluran pencernaan, bahkan ditemukan kasus meningitis juga akibat E. Coli. Terdapat pula bakteri Klebsilla pneumonia yang akan mengancam saluran kemih, dimana bisa menyebabkan infeksi dan sulit mengeluarkan buang air kecil.

Bakteri Serratia ficaria yang bisa menyebabkan infeksi pernapasan, ini memang tidak langsung terasa, namun jika bakteri tersebut menempel pada bagian luar sepatu berminggu-minggu dan sistem kekebalan tubuh menurun, maka bisa menyebabkan sesak napas atau serangan jantung mendadak.

selengkapnya: Tips Kesehatan

Selengkapnya: Tips Kesehatan
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori