Contact Us

Tips Membersihkan Botol Penyimpan ASI Agar Tetap Steril

Sebagai seorang ibu yang baik, tentu Anda akan memberikan yang terbaik untuk anak tersayang seperti susu bayi Nan dari Nestle. Namun bagi bunda yang memiliki bayi yang baru lahir, memberikan ASI sebagai asupan makanan pokok si kecil. ASI merupakan makanan utama dan makanan terbaik untuk bayi agar tumbuh dengan sehat. Agar si kecil tetap mendapatkan ASI ketika ibu bekerja adalah dengan menyimpan ASI di botol
penyimpan ASI. Nah, kali ini kami akan membahas tentang botol penyimpan ASI dan cara membersihkannya agar tetap steril.

Jika bunda adalah ibu pekerja pasti tau botol penyimpan ASI. Botol ini memang digunakan khusus untuk menyimpan ASI yang sebelumnya telah dipompa dan nantinya diberikan kepada anak meskipun si ibu bekerja. Namun terkadang bunda sering lupa bahwa botol susu penyimpan ASI ini juga perlu dibersihkan dan disterilkan agar tetap bersih dan terhindar dari bakteri dari sisa susu yang menempel.

Bunda berkarir membutuhkan botol penyimpan ASI agar bisa selalu memberikan ASIP atau Air susu ibu perasan kepada anaknya. Lalu bagaimana cara membersihkan botol penyimpan ASI tersebut? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, bunda harus simak ulasan kami berikut ini tentang cara membersihkan botol penyimpan ASIP.

1. Tips pertama adalah cuci botol satu persatu secara terpisah antara botol dan tutupnya. Jangan lupa menggunakan sabun khusus bayi yang aman untuk mencuci perlengkapan makan bayi termasuk botol penyimpan susu ini. Karena botol penyimpan susu biasanya terbuat dari kaca maka berhati-hatilah ketika mencucinya agar tidak jatuh dan pecah.

2. Kedua, gunakan sikat khusus. Sama seperti ketika mencuci botol susu bayi, bunda juga bisa gunakan sikat khusus pembersih botol sehingga bunda dapat membersihkann hingga ke bagian dalam botol secara mudah. Bunda dapat memperoleh sikat khusus ini dengan mudan di toko perlengkapan bayi atau supermarket.

3. Ketiga, Sama dengan membersihkan perlengkapan makan dan botol susu bayi, setelah dicuci bunda bisa mendiamkannya sebentar agar sisa air yang menempel di botol kaca penyimpan ASI ini kering. Namun jika tidak bisa menunggu, bunda juga bisa langsung mengelapnya.

4. Keempat, lakukan sterilisasi botol kaca dengan cara merebus botol kaca penyimpan ASI dengan air mendidih. Hal ini bertujuan menghilangkan bau sabun cuci dan kuman-kuman yang masih menempel mati. Jika sudan biarkan botol dan tutupnya 5- 15 menit. Selain menggunakan cara merebus, bunda juga bisa gunakan metode modern yaitu menggunakan alat steriliser yang lebih mudah untuk dilakukan.

5. Kelima, jika sudah bunda sterilkan dengan cara direbus, angkat botol penyimpan ASI dan keringkan. Bunda bisa menggunakan lap bersih untuk pengeringan botol maupun tutupnya dan jangan menggunakan tissue karena tissue akan hancur bila terkena air.

6. Keenam, Jika botol penyimpan susu sudah kering maka letakkan dan simpan botol penyimpan ASI dan tutupnya di tempat yang tertutup dan terhindar dari debu. Hal ini untuk menjaga agar botol tetap steril ketika nanti digunakan untuk menyimpan ASI. Membersihkan botol ASI bayi memang tidak gampang tetapi kesehatan bayi sangatlah penting.

Buat bayi Bunda yang sudah menginjak usia 6 bulan ke atas, bunda bisa mempertimbangkan susu bayi Nan PH Pro 3 dari Nestle. Harga susu nan Nestle ini cukup bersaing dengan produk-produk susu bayi lainnya dan kandungannya juga bagus banget untuk bayi yang memiliki masalah alergi susu sapi. Dicoba ya bunda.

Semoga bermanfaat.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori