Trik Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Bau Langu

Cara membuat susu kedelai

Susu kedelai adalah minuman yang di buat dari sari kacang kedelai,beraroma khas dan berwarna putih kekuningan serta mempunyai manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh. Bisa dibilang minuman yang satu ini memang tidak sepopuler minuman olahan lain seperti susu, teh atau kopi. Tetapi yang harus anda ketahui, susu kedelai menyimpan banyak potensi gizi,preotei dan manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita.
susukedele.jpg

Seperti yang kita tahu, kacang kedelai mengandung Sembilan asam amino esensial dan antibody kekebalan penyakit yang positif untuk tubuh manusia. Tidak hanya sampai di situ, kacang kedelai juga mempunyai fungsi penting untuk membentuk struktur jarinagan dan enzim, dimana hal tersebut dapat membantu sel-sel tubuh menghasilkan energi baru yang mudah di serap oleh tubuh anda.

Gak hanya kandungan protein dan gizinya yang kaya lho, sari susu kedelai sendiri banyak mengandung vitamin dan mineral yang cukup bermanfaat seperti :

  1. Kalsium
  2. Zat Besi
  3. Riboflavin
  4. Vitamin B12


Masyarakat tionghoa percaya, bahwasanya Sari Susu Kedelai mengandung banyak sekali manfaat bagus untuk kesehatan, baik itu mencegah atau mengobati. Beberapa kandungan manfaat yang terdapat dalam susu kedelai meliputi :

Zat Anti Oksidan

Kacang Kedelai mengandung senyawa murni Isoflavon, senyawa ini di percaya mampu memperbaiki sel yang terganggu, dan mencegal sel rusak yang di sebabkan oleh polusi dan Sinar UV

Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Selain mampu mencegah perusakan sel tubuh, senyawa isoflavone dan kandungan protein dalam kacang kedelai juga dapat mengurangi tingkat kolestrerol jahat dalam darah. Hal ini tentunya berimbas pada berkurangnya resiko penyakit jantung dan stroke, yang dimana penyebabnya terjadi di karenakan kolesterol LDL sudah meleibihi ambang batas yang mampu di terima oleh tubuh manusia normal.

Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah resioko penyakit jantung, zat isoflavone sendiri di percaya dapat sebagai anti kanker dalam tubuh seperti Kanker Hormon, Kanker Rahim, Kanker Payudara, juga Kanker Prostat

Mengurani dan Membailikan Efek Endometriosis

Kacang kedelai di percaya juga bisa membantu menunda aksi estrogen alami yang ada pada tubuh manusia, terlebih pada wanita. Efeknya zat ini mampu mengurangi dan mencegah rasa sakit berlebih selama priode menstruasi berlangsung.

Mencegah Osteoporisis


Selain bermanfaat untuk organ dan sel tubuh, kandungan sari kacang kedelai ternyata juga bagus untuk tulang lho. Hal ini di karenakan kacang kedelai mengandung kalsium dan protein positif yang mampu di serap oleh tulang. Sehingga kerusakan terhadap struktur lapisan tulang dapat di minimalisir dan di perlambat agar tidak terjadi pengeroposan

Menjaga berat badan

Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan / diet.

Well jika di tinjau dari sisi kandungan dan manfaat, maka bisa dibilang sari kacang kedelai ini memang merupakan sarana kesehatan herbal yang amat bagus untuk di konsumsi. Terlebih lagi dalam cara pengolan dan pembuatannya pun tergolong tidak begitu rumit.

Anda bisa mencoba untuk membuat sari susu kedelai sendiri di rumah, berbekal peralatan sederhana dan seadanya, maka susu kedelai murni ala rumahan pun bisa anda produksi sendiri. Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat susu kedelai sendiri di rumah, berikut ini akan di berikan resep dan langkah bagaimana cara membuat susu kedelai mulai dari tahap awal hinga akhir. Yuk di simak :

Bahan yang diperlukan Membuat Susu Kedelai

  • ½ kg kacang kedelai
  • 1 bungkus vanili
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya


Alat yang digunakan

  • Kompor
  • Blender
  • Panci
  • Saringan


Langkah-langkah membuat Susu Kedelai
  • Siapkan kedelai yang akan diolah, cuci bersih dengan menggunakan air mengalir
  • Rebus kedelai kurang lebih 15 menit
  • Angkat rebusan kedelai lalu rendam menggunakan air bersih selama kurang lebih 11 jam supaya lunak dan kulit arinya mengelupas
  • Cuci bersih sambil kelupas kulit yang masih tersisa. Tiriskan
  • Blender dengan ditambahkan air secukupnya
  • Tuang kedelai yang sudah diblender ke dalam sebuah wadah, tuangkan air mendidih secukupnya.
  • Saring untuk memisahkan ampas


Susu kedelai buatan anda telah jadi. Namun untuk mengkonsumsinya, caranya harus memasaknya hingga mendidih untuk menghilangkan bakteri-bakteri jahat penyebab kuman dan tentunya untuk menghilangkan bau khas kedelai yang mungkin tidak anda sukai

Setelah rebusan susu kedelai mendidih, kecilkan api sambil terus mengaduk susu kedelai hingga kurang lebih 15 menit. Poin ini sangat penting supaya sari-sari yang dimiliki kedelai tidak mengendap, selain itu juga untuk membuat susu kedelai buatan anda tahan lama
  • Tambahkan garam dan gula sesuai dengan selera anda
  • Untuk menambah aroma lezat, masukkan vanili.
  • Susu kedelai siap untuk dinikmati

Nah jika melihat dari proses cara membuat susu kedelai di atas, maka bisa di simpulkan caranya cukup mudah. Namun jangan gembira dulu, karena banyak diantaranya begitu mencoba pertama kali membuat susu kedelai, hasilnya adalah GAGAL.

Ya gagal, dalam artian hasilnya kurang maksimal. Paling banyak mengeluhkan adalah bau langu yang di hasilkan sesaat setelah susu kedelai di sajikan. Ada banyak cara sebenarnya untuk membuat hasil susu kedelai yang di olah jadi tidak beraroma langu.

Hal paling mudah yang bisa anda lakukan adalan dengan pemanasan filtrat, atau yang lebih di kenal metode penyaringan. Caranya cukup sederhana, ketika prses pemanasan terjadi maka yang harus anda lakukan adalah mengaduk terus menerus perasa susu dengan di tambah gula atau essen. Nah pada tahapannya anda dapat menambahkan bahan kimia Na3p04

Tujuan di tambahkan bahan kimia tersebut agar kandungan gula juga perasa dapat hancur secara merata serta lebih halus dan filtrat tidak mendidih. Karena secara teori, apabila filtrat mencapai titik didih tertentu maka secara teknis protein yang terkandung di dalamnya akan rusak (pecah).

Hal ini akan menyebabkan penggumpalan pada bagian perasa sari kedelai, efeknya?? Daya tahan susu jadi lebih singkat,rasanya menjadi aneh dan yang paling mudah di kenali adalah bau langu yang cukup menyengat bisa kita rasakan saat itu juga.

Owh ya untuk membuat susu kedelai sendiri sebenarnya ada acara yang jauh lebih mudah dari pada metode konvensional yang anda lakukan di atas. Cara paling mudah membuat sari perasan kacang kedelai adalah dengan menggunakan mesin susu kedelai modern.

Mesin susu kedelai sendiri di bagi dalam beberapa jenis seperti manual, semi otomatis dan full otomatis. 3 jenis mesin tersebut tentunya di sesuaikan dengan kebutuhan penggunannya. Dari sisi harga tentunya bisa dibilang cukup terjangkau di kelas UKM, terlebih lagi jika anda ingin mempunyai bisnis di bidang produksi susu kedelai. Maka sudah barang tentu mesin-mesin tersebut haruslah anda miliki.

Nah sekarang pilihan di tangan anda, jika ingin coba hidup sehat dan lebih bermanfaat, maka tak ada salahnya anda mengkonsumsi minuman susu kedelai sekali dalam sepekan. Oke semoga artikel ini berguna untuk anda.
Sign In or Register to comment.

Welcome to FORUM!

If you want to take part in the discussions, sign in or apply for membership below!