Contact Us

Bahaya Tinta Tato Berwarna, Terkandung Zat Berbahaya

Bahaya Tinta Tato Berwarna

gRQAYHQ.png

Berita Terkini ~ Ilmuwan memperingatkan bahwa Bahaya Tinta Tato Berwarna dapat meningkatkan risiko kanker. Hal ini karena pigmen yang digunakan sebagian besar salon tato, mengandung zat kimia yang dikenal sebagai titanium dioksida.

Zat senyawa ini ditambahkan pada tinta untuk memberikan warna tertentu. Namun, zat tersebut ternyata juga mampu menaikkan risiko kanker.

Sebuah tim dari German Federal Institute for Risk Assessment mengamati bagaimana titanium dioksida berjalan melalui aliran darah dan terakumulasi di kelenjar getah bening. Hal ini menyebabkan mereka menjadi bengkak dan menghalangi kemampuan untuk melawan infeksi.

Kondisi ini menjadi lebih berbahaya jika mereka memiliki tato berwarna.

"Ketika seseorang ingin memiliki tato, mereka sangat berhati-hati dalam memilih tukang tato di mana mereka menggunakan jarum steril yang belum pernah digunakan sebelumnya. Namun, tidak ada yang memeriksa komposisi kimia dari warna. Penelitian kami menunjukkan apa yang harusnya mereka lakukan," kata Hiram Castillo, penulis dalam studi ini dan anggota dari European Synchrotron Radiation Facility, Perancis.

Tim ini menggunakan sinar X yang sensitif untuk mengidentifikasi titanium dioksida dan logam berat di kulit yang bertato dan kelenjar getah bening pada individu yang sesuai, kelenjar getah bening bisa berwarna karena tinta tato.
Namun, penelitian ini belum mengetahui bagaimana titanium dioksida bekerja pada tingkat nano.

Titanium dioksida adalah zat adiktif yang sangat populer di banyak produk seperti tabir surya, kosmetik, pasta gigi, sabun, dan beberapa obat-obatan.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori