Contact Us

Masalah Tanah Gang

Selamat Malam......
Sekarang ini sedang ada pronas pembuatan sertifikat......
Dalam proses itu ada sesuatu yg ingin saya tanyakan, saat pengukuran tanah bangunan rumah kita biasanya luas hasil ukuran akan lebih sedikit dari luas tanah kita seperti tertera di AJB...., biasanya disebabkan terpotong jalan katanya....misal di surat AJB tertera 150m2, dipotong jalan lebar 1m x panjang 10m, maka sertifikat surat rumah kita hanya akan tertera hanya 140m2.....yang saya tanyakan

1. Sdh benarkah cara pengukuran seperti itu, luas yg menjadi hak kita cuma 140m2....?
2. Kalau sdh benar, siapa pemilik tanah 10m2 itu ? (Pemda? negara? BPN?).
3. Bagaimana pengadministrasian tanah 10m2? Tanah jalan 10m2 itu adalah tanah pribadi kita, kalo itu jdi milik negara, kapan kita menyerahkan ke negara.....?adakah bukti serah terima kita menyerahkan tanah 10m2 tersebut ke negara.....?kalau disebuah kawasan perumahan, biasanya 5% fasum fasos termasuk jalan dibuat berita penyerahan (infonya begitu)
4. Jika ada pengembang membeli seluruh kawasan RW di daerah rumah kami (menggusur).., yg tanah jalan 10m2 itu siapa yg menerima pembayaran....?negara?gimana sistim pengadministrasian sampai pembayaran atas tanah jalan 10m2 itu.....kemana pembayaran itu?siapa yg menerima pembayaran?
5. Atau tanah jalan 10m2 menjadi milik pengembang ? Karena pengembang biasanya hanya membayar sesuai luas yg tertera di sertifikat (140m2). Nah pada saat pengembang mengukur ulang luas tanah keseluruhan yg dibelinya (1 RW misalnya), otomatis tanah jalan 10m2 akan masuk dalam luas tanah yg dimiliki pengembang itu, kalau benar begitu jadinya, berarti tanah jalan 10m2 itu akhirnya jadi milik pengembang ya.....?

Singkat, saya mau tau saja,kemana/milik siapa tanah jalan 10m2 itu..., apakah saya tetap minta kepada pengukur agar ukuran luasnya tetap sesuai dengan yg tertera di AJB..,mohon penjelasannya.....
Terimakasih......
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori