Contact Us

Penyakit Keputihan Wanita

Keputihan merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan berasal dari lendir putih, tipis dan lengket. yang dikeluarkan dari dinding serviks dan vagina atau saluran tuba.

Hal ini disebabkan oleh kenaikan kadar hormon terutama estrogen. Kehadiran keputihan menunjukkan bahwa vagina tetap bersih dan dalam kondisi sehat. Keputihan wanita normal dapat terjadi selama kehamilan dan dianggap normal bila pembedahannya tipis, putih dan relatif tidak berbau.

Jenis Jenis Keputihan Wanita
Bayi yang baru lahir: Keputihan terlihat pada bayi perempuan yang baru lahir untuk kelahiran awal sampai dua bulan setelah kelahiran mereka. Hal ini disebabkan paparan intra uterin terhadap estrogen saat bayi berada di dalam rahim.
  1. Keputihan fisiologis ini dimulai pada usia reproduksi (pubertas) dalam beberapa bulan sampai satu tahun setelah menstruasi. Keputihan terjadi antara siklus menstruasi wanita dan berlangsung beberapa hari sampai berminggu-minggu. Vagina menghasilkan lebih banyak cairan berair atau lengket selama ovulasi
  2. Keputihan patologis vaginal discharge dengan perubahan warna, konsistensi dan bau akibat infeksi atau penyakit pada sistem reproduksi wanita disebut keputihan patologis. Pelepasan warna kuning atau hijau dengan bau menyengat tidak normal dan mengkhawatirkan selain itu sering disertai rasa gatal, nyeri dan pembengkakan di sekitar labia.

Gejala Keputihan Wanita
Perubahan warna, konsistensi dan bau. Cairan kuning atau hijau, tebal, susu dengan bau tak sedap, antara lain:
  1. Keputihan yang terus-menerus dan melimpah
  2. Sakit saat berkemih
  3. Nyeri di daerah pelvis dan betis
  4. Kelesuan dan kelemahan
  5. Gatal di daerah genital
  6. Sakit kepala

Faktor Resiko Keputihan Wanita
Penyakit sistem reproduksi wanita seperti kanker rahim dan kanker serviks. Penggunaan alat kontrasepsi, kesehatan yang buruk, daerah vagina tidak dijaga kebersihannya dan penyakit diabetes.

Tes kultur mikrobiologi dilakukan untuk mendiagnosis penyebab infeksi yang tepat. Adanya diplococcus gram negatif menunjukkan adanya infeksi bakteri, sementara adanya spora dan miselia merupakan indikasi infeksi jamur.

Pap smear dan biopsi serviks untuk memeriksa kanker serviks. Tes darah dan tes urine untuk mendeteksi infeksi. PH vagina dan leher rahim ditentukan. PH vagina 4,5 dan meningkat pada infeksi bakteri dan trikomoniasis. PCR digunakan untuk mendeteksi antigen Trichomonas

Pengobatan Keputihan Wanita
Seorang wanita harus berkonsultasi tenaga medis klinik pandawa jakarta dengan ginekologi saat ada gejala terlalu berat dan tidak menunjukkan karakteristik normal. Keputihan fisiologis terutama disebabkan karena ketidakseimbangan hormon.

Karena itu, perawatan untuk memperbaiki atau memperbaiki ketidakseimbangan ini akan sangat membantu. Dalam kasus keputihan patologis, antibiotik diresepkan untuk membunuh bakteri atau parasit infeksius. Keputihan patologis membutuhkan pengobatan keputihan pada wanita segera.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori