5 Cara Menghemat Baterai Laptop di Windows 10

q2ga6m2fl38d.jpg

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat baterai laptop, tips ini dapat Anda coba pada laptop yang menggunakan windows 10. Lalu bagaimana jika Anda menggunakan windows 8, windows 7, dan versi windows lainnya? Pada umumnya, semua versi windows ini memiliki sebuah pengaturan yang dapat Anda gunakan untuk menghemat penggunaan baterai laptop atau notebook Anda. Untuk mengaktifkan fitur ini tentu memiliki cara yang berbeda-beda pada masing-masing versi windows yang kita gunakan. Oleh karena itu, disini saya akan menjelaskan 5 cara menghemat baterai laptop di windows 10 dengan cara manual, silahkan simak dibawah ini dan ikuti langkah-langkahnya.

1. Gunakan Mode Penghemat Baterai
Menggunakan mode penghemat baterai adalah cara termudah untuk memperpanjang masa pakai baterai.

1. Klik Start > Settings > System > Battery.
2. Lalu centang pada kotak Turn battery saver on automatically if my battery falls below:
3. Silahkan atur berapa persentase baterai yang Anda inginkan untuk mengaktifkan mode penghemat daya, secara default diatur pada 20%.
4. Lalu aktifkan Battery saver status until next charge (opsional). Jika ini diaktifkan maka baterai akan terus berada pada mode penghemat daya, yang berarti kinerja laptop/notebook juga akan dikurangi.


2. Ubah Pengaturan Display dan Power
• Buka Pengaturan Troubleshoot Battery: Biarkan windows mengubah beberapa pengaturan daya untuk Anda secara otomatis, jadi Anda tidak perlu melakukannya secara manual. Klik Start > Settings > Update & Security > Troubleshoot > Power > Run the troubleshooter.
5 Tips Menghemat Baterai Laptop di Windows 10 2

• Terapkan durasi yang lebih pendek untuk tampilan saat tidak aktif. Klik Start > Settings > System > Power & sleep > pada bagian On battery power, turn off after, pilih durasi yang lebih pendek (1 menit).
5 Tips Menghemat Baterai Laptop di Windows 10 3

• Kurangi kecerahan layar Anda. Klik Start > Settings > System > Display > Change brightness. Silahkan ubah nilainya untuk mengatur tingkat kecerahan yang Anda inginkan.

3. Matikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Optimalkan aplikasi latar belakang Anda. Maksimalkan penggunaan baterai PC/Laptop/Notebook Anda dengan memilih aplikasi mana yang boleh dijalankan di latar belakang. Klik Start > Settings > System > Battery > Battery usage by app. Anda akan melihat daftar aplikasi dan berapa banyak baterai yang digunakan oleh masig-masing aplikasi. Ini dapat membantu Anda memilih aplikasi mana yang memungkinkan (yang paling Anda minati) dibandingkan dengan aplikasi yang tidak diizinkan. Pilih aplikasi dari daftar, lalu jangan centang pada kotak Let Windows decide when this app can run in the background. (Perhatikan bahwa beberapa aplikasi tidak dapat diubah).

4. Ubah Pengaturan Sinkronisasi
• Sinkronkan email lebih jarang. Klik Start > Settings > Accounts > Email & app accounts. Lalu klik pada akun yang ingin Anda ubah, kemudian klik Manage > Change mailbox sync settings. Lalu pada bagian Download new email, pilih interval waktu yang lebih panjang (daily).
5 Tips Menghemat Baterai Laptop di Windows 10 10

• Sinkronkan hanya email, kalender, dan kontak yang Anda inginkan. Anda tidak perlu menyesuaikan email, kalender, atau kontak kecuali jika Anda mau. Klik Start > Settings > Accounts > Email & app accounts. Lalu klik pada akun yang ingin Anda ubah, kemudian klik Manage > Change mailbox sync settings. Di bawah Sync options > pilih Email, Calendar, atau Contacts untuk menonaktifkannya.

5. Hal Lain Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menghemat Baterai
Ada beberapa hal lain yang mungkin dapat membantu menghemat penggunaan baterai PC/Laptop/Notebook Anda. Diantaranya sebagai berikut:

• Lakukan pengisian baterai hingga benar-benar terisi penuh 100%.
• Restart PC/Laptop/Notebook Anda. Hal ini terkadang dapat memperbaiki masalah yang bisa mempersingkat masa pakai baterai.
• Hidupkan mode pesawat jika Anda tidak memerlukan Internet, Bluetooth, atau komunikasi nirkable (wireless) lainnya.
• Gunakan Microsoft Edge untuk browsing. Pengujian menunjukan bahwa saat browsing menggunakan Microsoft Edge, beterai Anda bertahan 36% - 53% lebih lama daripada saat browsing menggunakan Chrome, Firefox, atau Opera di Windows 10.

Sumber: 5 Tips Menghemat Baterai Laptop di Windows 10
Sign In or Register to comment.

Welcome to FORUM!

If you want to take part in the discussions, sign in or apply for membership below!