Mengkudu Untuk Benjolan di Vagina, Benarkah?

v20l483t2fjx.jpg
Mengkudu sudah lama dikenal sebagai buah yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Manfaat Mengkudu Untuk Benjolan di Vagina pun diyakini sangat bagus. Sehingga, buah yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang tengah menderita benjolan di vagina. Lalu apa saja manfaat dari buah mengkudu ini? Mari Kita simak !

Manfaat Mengkudu Untuk Benjolan di Vagina

Mengkudu merupakan tumbuhan perdu yang tergolong ke dalam kelompok kopi-kopian. Mengkudu sudah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Buah mengkudu ini memiliki ciri khas, yakni akan berbau busuk ketika buahnya matang. Bau itu timbul karena pencampuran antara asam kaprik dan asam kaproat atau senyawaan lipid atau lemak yang gugusan molekulnya mudah menguap, menjadi bersifat seperti minyak atsiri yang berbau tengik dan asam kaprilat yang rasanya tidak enak diduga kedua senyawa ini bersifat aktif sebagai antibiotik.

Kandungan Nutrisi Mengkudu

Dilihat dari komposisi kimianya, mengkudu mengandung komponen serat makanan yang cukup tinggi yaitu 3 gram per 100 gram buah yang dapat dimakan, sehingga berpotensi untuk diproses menjadi produk olahan berserat tinggi. Komposisi kimia mengkudu dalam 100 gram bagian yang dapat di makan yaitu:
  • Air : 89,10%
  • Protein : 2,90%
  • Lemak : 0,60%
  • Karbohidrat : 2,20%
  • Serat : 3%
  • Abu : 1,20%
  • Lain-lain : 1%
Kandungan nutrisi mengkudu sangat beragam diantaranya adalah kalori, vitamin A, vitamin C, niasin, tiamin, riboflavin, besi, kalsium, natrium, kalium, protein, lemak, dan karbohidrat. Beberapa jenis senyawa fitokimia dalam mengkudu adalah terpen, lasperuloside, alizarin, zat-zat antrakuinon, asam askorbat, asam kaproat, asam kaprilat, acubin, zat-zat skopoletin, damnakantal, dan alkaloid.

Terpenoid membantu tumbuh dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh. Senyawa skopoletin sangat efektif sebagai unsur anti-radang dan anti-alergi. Skopoletin dapat menghambat aktivitas E.coli, skopoletin pada mengkudu adalah sejenis fitonutrien yang dapat mengikat serotonin yaitu zat kimiawi penting di dalam tubuh manusia. Skopoletin yang terdapat pada mengkudu dapat berinteraksi sinergis dengan nutraceutical lain untuk mengatur tekanan darah tinggi menjadi normal, tetapi tidak menurunkan tekanan darah yang sudah normal.

Senyawa turunan antakuinon dalam mengkudu antaralain adalah morindin, morindon dan alizarin. Sedangkan alkaloidnya antaralain xeronin dan proxeroin. Xeronin merupakan alkaloid yang tubuh butuhkan untuk mengaktifkan enzim serta mengatur dan membentuk struktur protein. Mengkudu hanya mengandung sedikit xeronin, tapi banyak mengandung bahan pembentuk xeronin, yaitu proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah konstituen alkaloid yang tidak mengandung gula, asam amino, atau asam nukleat. Proxeronine akan diubah menjadi xeronin di dalam usus oleh enzim proxeronase dan zat-zat lain. Selanjutnya xeronin diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

Sumber: Manfaat Mengkudu Untuk Benjolan di Vagina
1.jpg 211.5K
Sign In or Register to comment.

Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!