Contact Us

5 Penyesalan Besar Dalam Hidup Ketika Sudah Tua - Motivasi Hidup Sukses di 2018

5 Penyesalan Besar Dalam Hidup Ketika Sudah Tua - Motivasi Hidup Sukses
Halo teman-teman, kembali lagi dengan Pahlawan Bertopeng. Channel ini PAS bagi kamu yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan menjalani hidup lebih. Nah, kali ini gue ingin share ke teman-teman bagaimana cara mengurangi penyesalan dalam hidup dengan satu pertanyaan simple.

Sebelum jauh membahas topik di episode kali ini, please jangan lewatkan episode yang kemarin, karena sangat berkaitan dengan episode kali ini. Klik link ini untuk melihat episode sebelumnya

Oke kita mulai ya. Nah pertanyaannya adalah “Seandainya kamu sudah tua atau sudah tidak dimasa produktifmu lagi, hal apa yang ingin kamu raih/capai ketika kamu masih muda? Ketika kamu sudah tua, apa yang kira-kira kamu akan sesali? Wah dalam banget nih pertanyaannya.

Nah, kenapa pertanyaan ini sangat penting kamu tanyakan setiap sebelum memulai harimu? Karena pertanyaan ini bisa membantu kamu untuk memutuskan menjalani keseharianmu dengan fokus pada tujuan hidupmu selagi kamu muda dan terhindar dari rasa penyesalan yang akan menghantuimu ketika kamu sudah tua.
Sekarang gini, dalam perjalanan hidup, mengusahakan yang terbaik untuk pada hal yang paling penting bagimu, tidak hanya memberi kebahagiaan dan kesuksesan, namun sesuatu yang lebih berharga. Apakah itu? Hidup tanpa penyesalan.
Sekarang gini, seandainya kamu bisa kembali ke masa lalu, merewind kehidupanmu dan berbincang dengan diri kamu sendiri yang berusia 18 tahun dan satu lagi yang berusia 80 tahun, mana yang akan kamu pilih untuk meminta nasihat?
Tentunya kamu akan memilih dirimu yang sudah berumur 80 tahun karena pastinya sudah melampaui banyak pengalaman dan pengetahuan tentang kehidupan jauh lebih banyak.

Lalu, kira-kira nasihat apa yang akan diberikan oleh kamu yang lebih tua dan bijaksana? Jalani sepenuhnya kehidupanmu tanpa rasa takut. Ambil risiko apabila perlu untuk meraih impianmu dan jangan pernah menyerah. Nah dari nasihat tersebut, bisa kita ambil bahwa kita harus menjalani kehidupan dengan tujuan, sehingga pada akhirnya kamu bisa mengatakan, “Gw senang karena dulu gw melakukannya dan bukan “Seandainya dahulu gw melakukannya”
Namun, yang namanya penyesalan selalu datang terlambat dan tidak bisa diobati, ibarat seperti nasi yang sudah menjadi bubur.
Yang bisa kita lakukan adalah belajar dari pengalaman-pengalaman orang terdahulu kita, seperti menerapkan nasihat dari versi kamu yang lebih tua ke dalam kehidupan sehari-hari.
Nah, kira-kira seperti apa penyesalan-penyesalan yang paling umum yang dialami oleh orang-orang yang sudah tua dan akan menemui ajalnya?
Berikut 5 penyesalam besar dalam hidup menurut buku "The Top Five Regrets of the Dying" yang dikarang oleh Bronnie Ware:

Yang pertama: Seandainya dahulu saya membiarkan hidup lebih bahagia – mereka telat bahwa kebahagiaan adalah sebuah pilihan hidup
Yang kedua: Seandainya saya dahulu tetap berhubungan dengan teman-teman saya.
Yang ketiga: seandainya dahulu saya memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaan saya.
Yang keempat: Sandainya dahulu saya tidak bekerja keras

Nah yang paling menonjol adalah seandainya dahulu saya mempunyai keberanian untuk menjalani hidup yang sejati menurut saya sendiri, bukan hidup yang di-harapkan oleh orang lain bagi saya. Impian yang baru tercapai setengahnya dan harapan yang tidak perpenuhi adalah penyesalan yang paling utama.

Dari semua penyesalan diatas, dapat gw ambil intisarinya bahwa semua penyesalan itu disebabkan karena kita takut mengambil risiko dalam mengejar impian kita, kita tidak memutuskan seperti apa kehidupan yang layak kita jalani, kita belum menentukan atau menemukan apa itu tujuan hidup kita, impian kita dan kita juga takut akan kritikan orang lain. Intinya kita mau merasa aman dan tetap santai di comfort zone kita karena dengan itu akan diterima oleh mayoritas masyarakat kita.

Dan sebab dari itu, keraguan, ketakutan dan kekhawatiran membuat kita selalu menunda dan mengesampingkan tujuan dan impian hidup kita. Dan tak terasa, umur sudah semakin tua dan penyesalan akan datang menghantui.

Ingat teman-teman, sebuah kehidupan yang layak dijalani mungkin dapat diukur dengan berbagai cara, tetapi satu cara yang lebih menonjol daripada yang lain adalah menjalani hidup yang tanpa penyesalan, yaitu menjalani kehidupan seseharian kita dengan tujuan.

Okay teman-teman, semoga video motivasi ini bisa memberikan manfaat kepada teman-teman. Jangan lupa untuk like apabila suka dengan videonya, dan share dikolom komen gimana kamu bisa menjalani hidup agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.
Gue pahlawan bertopeng dan sampai jumpa di episode berikutnya. Bye
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori