Contact Us

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Yang Aman Selama Kehamilan

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Yang Aman Selama Kehamilan

Batuk sebenarnya merupakan kawan ketimbang lawan. Batuk adalah cara tubuh membersihkan saluran napas dari kotoran, kuman agar keluar dari tenggorokan. Sakit tenggorokan dan batuk yang produktif menandakan adanya peradangan pada saluran nafas.

Batuk berdahak yang disebabkan kondisi ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 2 minggu. Tidak diperlukan obat-obatan khusus atau pereda batuk bila Anda dapat mengatasi gejala batuk tanpa obat, sebagai berikut :

Konsumsi madu yang dicampur dengan perasan lemon dan air hangat.
Minum air rebusan jahe yang hangat.
Menaruh potongan bawang bombay dalam kamar. Uap minyak atsiri bawang bombay dapat membantu meredakan batuk.
Untuk mempercepat proses kesembuhan batuk, pastikan Anda beristirahat dengan nyaman. Tidur malam hari minimal 7 jam.
Tetap aktif bergerak dan beraktivitas. Lakukan olahraga yang aman bagi Ibu hamil. Badan yang aktif membantu sistem aliran darah berjalan lancar dan membantu kesembuhan.
Makan dan minum dalam jumlah yang cukup. Makan makanan Bergizi Seimbang, selalu konsumsi buah 2 porsi dan sayur 3 porsi perhari.
Kumur pangkal tenggorokan dengan air hangat yang dicampur sedikit garam untuk meredakan nyeri tenggorokan.
Mandi air hangat dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan pegal-pegal.

Bila batuk tidak membaik lebih dari 2 minggu, Anda perlu mengetahui penyebabnya :

Penyakit yang berhubungan sensitivitas saluran nafas misalnya Asma dan Bronkitis kronis.

Cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan, biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami Rhinitis alergi/Sinusitis.
Terpapar asap rokok, terpapar debu, asap atau uap dari bahan sintetik kimia yang mengiritasi saluran nafas.
Infeksi paru-paru yang disebabkan TBC, batuk rejan (pertusis)

Obat batuk bagi ibu hamil, hanya boleh diminum atas instruksi Dokter yang melakukan pemeriksaan medis langsung pada diri Anda. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter bila keluhan tidak membaik dan gejala semakin memberat, tidak perlu menunggu sampai 2 minggu..
Dokter akan melakukan pemeriksaan medis yang menyeluruh dan detail untuk menentukan penanganan medis yang tepat. Bila diperlukan Dokter akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan rontgen dada.

Untuk mengurangi gejala batuk, pakailah masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan/ tempat yang berdebu, hindari asap rokok/kendaraan bermotor, pastikan masker diganti dengan masker bersih secara berkala setiap 3 jam sekali. Hindari minuman dingin dan makanan yang terlalu manis dan pedas karena akan membuat batuk semakin produktif.

Bersihkan kamar dan rumah Anda dengan lap basah/alat penyedot debu untuk menghindari penumpukan debu di lantai dan perabot rumah. Bila menggunakan AC, bersihkan tiap 3 bulan sekali. Untuk kipas anging, bersihkan minimal tiap minggu. Ganti peralatan kain seperti sprei,sarung bantal dan guling, korden, kain taplak meja, jaket dan bahan kain yang digunakan minimal seminggu satu kali. Debu dan kotoran di dalam rumah juga dapat memicu batuk yang produktif.

Baca Juga : Obat Untuk Promil

Obat Pelancar Haid

[url=" https://goo.gl/ss4Gpr"]Obat Menopause[/url]
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori