Contact Us

Gagal Dalam Mengelola Bisnis Sama Saja Gagal Dalam Berbisnis

Pada dasarnya, setiap bisnis terdiri dari 3 unsur utama. Pada tau kan apa aja? Pemasaran, Operasional dan juga Keuangan. Ketiga unsur ini jika memiliki pondasi yang kuat, maka bisnis agan juga akan semakin nyaman dan mudah buat dijalanin. Namun jika salah satu dari ketiga unsur ini tidak bekerja sebagai mana mestinya, maka kemungkinan bisnis agan untuk jatuh akan semakin besar.

Sebagai contoh, banyak sekali start-up bisnis yang hanya memperhatikan dari segi pemasaran dan operasionalnya saja sehingga menyebabkan manajemen keuangan mereka terbengkalai. Makanya ga heran kalo ada 80% bisnis start-up di indonesia yang selalu mengalami kegagalan. Kalo ditanya alasan mereka gagal kenapa, penyebabnya pasti salah satu dari tiga unsur tadi.

Finance-Management.jpg


Mengelola keuangan dalam bisnis sebenarnya cukup mudah kalo agan tau apa yang sebenarnya harus dilakukan dan memiliki alat yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Seperti contoh, dengan penggunaan software akuntansi, agan bakal bisa ngelola keuangan agan tanpa memiliki masalah dalam hal pembukuan dan juga proses akuntansi.

Nah biar lebih gampang lagi, berikut beberapa tips yang bisa agan gunakan dalam mengelola keuangan bisnis agan.
  1. Menyesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan yang dimiliki adalah sebuah keharusan agar bisa mengukur pengeluaran. Perlu agan pahami bahwa pengelolaan biaya sebaiknya dikelola secara bijak. Agan harus pinter ngatur pendapatan agan dalam berbisnis.
  2. Jangan campur anggaran bisnis dengan anggaran pribadi. Sebisa mungkin tahanlah keinginan untuk mengamankan keuangan bisnis untuk keperluan pribadi.
  3. Gunakan pembukuan keuangan. Tidak peduli seberapa kecil usaha agan, mengelola sebuah usaha ga bakal bisa kalo kita cuma ngandelin ingatan doang. Minimal buatlah pembukuan yang mencatat keluar masuknya uang dalam bisnis agan.
  4. Penggunaan software akuntansi untuk mendukung performa bisnis. percaya atau engga, software akuntansi bisa ngebantu agan mendapatkan kesempatan untuk meninjau lebih dalam performa dan juga perkembangan bisnis agan.

Bisnis bukan hanya sekedar usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Didalamnya terdapat sebuah hal yang sangat perlu diperhatikan yaitu pengelolaan. Jika kita gagal dalam mengelola bisnis itu artinya kita juga telah gagal dalam berbisnis.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori