Contact Us

Tanpa Harus Mengucapkan "TIDAK" Tapi Bisa Kita Tolak Dengan Cara Berikut

Copas Dari https://goo.gl/MKbniH
Mengatakan "tidak" utamanya sangat menyiksa bagi orang lain, apalagi jika hal yang harus mereka lakukan itu gak bisa mereka nikmati. Mungkin kamu termasuk salah satunya. Karena itulah bagus bagimu untuk tahu, bagaimana cara terbaik untuk menolak tanpa berkata "tidak". Kita Bisa Menolak Dengan cara ini...

Jangan berkata apapun
Terkadang ketika kamu gak merespon permintaan seseorang sama sekali, lama-lama ia akan enyah dengan sendirinya. Memang "si peminta" bisa jadi menganggapmu kasar, tapi tentunya gak sekasar jika kamu bilang "tidak" secara frontal. Dalam keadaan terdesak, gak usah pedulikan soal itu. Setidaknya kamu terhindar dari merasa bersalah karena menjawab "tidak".

Tanya informasi terkait permintaannya lebih banyak, yang bahkan makin meribetkan
Ketika kamu telah bertanya soal detail permintaannya dan ia telah menjawabnya, tanya lah lebih banyak lagi. Bertanyalah pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya susah didapatkan ataupun hal sesepele mungkin. Dengan cara ini, kemungkinan kamu gak akan dihubungi lebih jauh lagi, tapi berkesan tetap profesional menanggapi permintaannya.

Jawablah dengan "mungkin" atau "kayaknya"
Ketika kamu tetap mendapatkan respon walau sudah memberikan pertanyaan ribet padanya, jawablah bahwa kamu akan mempertimbangkannya. Berikan jawaban "mungkin" atau "kayaknya" dengan mantap. Kemudian gak usah merespon permintaannya lebih jauh lagi. Setidaknya ia akan mencari bantuan lain yang lebih pasti untuknya. Lagian siapa sih yang suka "digantung"?

Katakan "kurang memungkinkan untuk sekarang" atau "untuk kali ini kayaknya susah"
Jika kamu terus-menerus mendapatkan permintaan darinya, katakan bahwa sekarang bukan saat yang tepat. Katakan bahwa kamu sedang ada banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan. Ketika mereka bertanya soal kapan waktu yang tepat untukmu mengerjakannya, sampaikan sebuah waktu yang pasti jauh di masa mendatang, misalnya sebulan atau beberapa bulan lagi. Dengan begitu bisa jadi mereka akan lupa, melakukannya sendiri atau meminta tolong pada orang lain. Yang mana pun itu, kamu tetap aman dari berkata "tidak".

Katakan "nanti akan aku hubungi lagi soal ini"
Mengatakan hal tersebut adalah cara terbaik untuk menghindarkan dirimu dari berkata "tidak". Kamu bisa menyampaikan bahwa kamu sangat ingin melakukannya dan memang terlihat demikian, tapi sekaligus bisa kabur dari melakukannya. Ketika ia gak mendengar kabar lagi darimu, kemungkinan besar orang tersebut akan berpikir bahwa kamu memang sangat sibuk.

Tawarkan bantuan yang lain, yang menurutmu jauh lebih sederhana
Mungkin ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuknya, selain apa yang ia minta. Ini akan membuatmu terlihat jauh lebih sopan tanpa terkesan langsung menolak permintaannya sejak awal. Namun berhati-hatilah, kalau kamu lemah pendirian, bisa jadi malah kamu akan melakukan keduanya, hal yang diminta plus hal yang kamu sarankan.

Katakan "ya", "bisa", "mau" atau "bersedia"
Mengatakan "ya" adalah cara termudah dari menghindari berkata "tidak". Itu artinya kamu bisa membuat si peminta pertolongan merasa bahagia. Kamu juga bisa merasa bahagia sesaat karena merasa sebagai orang yang bisa diandalkan. Namun berhati-hatilah, bahwa kamu memang harus melakukannya. Karena risiko dari mengatakan "ya" tapi gak melakukannya, akan memperburuk hubunganmu dengan orang tersebut dan kalian berdua akan sama-sama tersiksa karenanya.

Melakukan cara-cara di atas akan lebih menghindarkanmu dari rasa bersalah akibat menolak permintaan tolong seseorang. Coba saja diterapkan pada temanmu, jangan langsung pada atasanmu lho ya. Latihan lah secara bertahap untuk menolak permintaan, tapi lebih berkesan profesional. Jadi ada cara lain Mengucapkan "TIDAK" Tapi Bisa kita tolak dengan cara ini yaa...
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori