Contact Us

Fungsi Customer Relationship Management (CRM)

Agan pastinya sudah mengetahui bahwa software ERP dapat memberikan kekuatan pada manajemen finansial perusahaan serta dapat memberikan kemampuan untuk melacak pesanan, menyiapkan invoice, menerima pembayaran serta pengelolaan akun. Semua proses sales dan marketing juga merupakan bagian dari software ERP yang biasanya dapat ditemukan dalam Customer Relationship Management (CRM).

Namun CRM dan ERP moduk memiliki peran yang berbeda, meski fungsi yang mereka miliki sama dan akan sangat berpengaruh bagi kemajuan perusahaan.

Customer Relationship Management (CRM) Pada Software ERP

Sistem CRM yang moderen yang terintegrasi biasanya menawarkan berbagai macam jenis fitur yang tidak hanya mampu memfasilitasi sales dan marketing namun juga dapat menindaklanjuti pesanan, melakukan pelayanan pelanggan, dan juga manajemen komensasi.

Fitur – fitur yang terdapat dalam dalam sistem CRM

1. Otomatisasi sales force : proses yang memberikan gambaran penuh tentang aktivitas klien, menciptakan peluang penjualan, serta mengelola order fulfilment
2. Otomatisasi Marketing : Memberikan kemampuan untuk menghasilkan prospek yang berkualitas, memperlancar proses penjualan, mengelola multi-channel marketing campaigns, dan kolaborasi antara sales dan marketing
3. Informasi real time : Dapat memonitor transaksi secara real time
4. Dasbor : Dasbor yang dapat di kustomisasi yang dapat menyediakan informasi terbaru

Cloud atau On-Premise CRM dan ERP

Dahulu software ERP adalah sebuah software besar dengan sistem yang memiliki kompleksitas tinggi yang dijalankan pada server perusahaan. Namun dengan perkembangan teknologi yang maju seperti sekarang ini, hal tersebut dapat digantikan dengan sebuah teknologi baru yaitu cloud computing.

Cloud computing menawarkan kemudahan dalam akses, fleksibilitas dan juga kemudahan dalam penggunaannya. Maka dari itulah banyak pelaku bisnis yang mulai mengalihkan sistem on-premise mereka menjadi cloud computing.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori