Contact Us

Bikin Roti Gagal Terus??? OKe simak cara berikut ini

Cara membuat roti sekilas susah-susah mudah. Butuh menghabiskan waktu dan kesabaran. Mulai dari menyiapkan bahan hingga proses pematangan roti. Khusus pabrik roti pasti memiliki strategi dan ciri khas tersendiri dalam menciptakan rasa yang berbeda. Sebagai konsumen, tentu Anda juga bisa membedakan roti seperti apa yang nikmat untuk disantap. Jika sudah sekali jatuh cinta dengan rasa roti tersebut, terlebih lagi dari pabrik roti ternama pasti sulit untuk Anda berpindah ke lain hati. Maksudnya pindah ke roti yang lain yaa!
dreem130928.jpg

Rasa dan bentuk roti yang mendukung akan menambah nilai jual dan menaikkan nama dari brand roti tersebut. Oleh karena itu, bahan-bahan dan peralatan pembuatan roti harus berkualitas. Belum lagi jika mengalami kegagalan seperti tekstur roti kasar, adonan tidak mengembang sempurna, rasa kurang memuaskan, dan bentuk tidak sesuai harapan.

Menciptakan roti yang sempurna memang perlu berlatih berkali-kali. Meskipun pernah mengalami kegagalan, justru itu akan menjadi motivasi atau menambah ide dalam memodifikasi roti. Kita ambil contoh bila adonan roti tidak mengembang. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika hal itu tidak mau terjadi.

Pertama, Anda harus memastikan terlebih dahulu takaran resep dengan tepat. Jika Anda sudah memiliki takaran resep yang pasti, tidak perlu lagi mengurangi atau menambahkan bahan-bahan lagi. Cara tersebut justru menggagalkan proses pembuatan roti sempurna. Memasukan margarin sebagai resep merupakan salah satu langkah baik yang dapat membuat roti menjadi lebih lembut dan harum. Namun, margarin harus digunakan secukupnya tidak boleh berlebihan. Karena jika berlebihan akan menyebabkan gagal mengembang.

Berikutnya, dalam membuat roti pasti akrab dengan gula sebagai penambah pemanis pada roti. Namun, sebaiknya gula tidak langsung dimasukkan saat pertama kali mengocok adonan kue. Gula memiliki tekstur berat yang justru akan menghancurkan adonan tekstur adonan Anda. Jika dicampurkan dengan putih telur, maka akan menyebabkan gagal mengembang. Nah, jika adonan putih telur sudah mengembang terlebih dalu, gula dapat dimasukkan. Putih terlur yang mengembang dapat dilihat jika warna putih berubah menjadi buih yang tidak mudah tumpah. Jangan lupa, saat Anda mulai menggabungan gula dan putih telur turunkan kecepatan mixer roti.

Mixer roti adalah alat utama yang sangat berperan dalam mengembangkan adonan roti. Dengan menggunakan mixer roti bahan-bahan akan tercampur hingga menghasilkan tekstur yang lembut dan mengembang sempurna. Dengan adonan yang baik pun kualitas dan rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Memang Harga Mixer Roti tergolong mahal dan overprice karena perannya masih bisa di gantikan dengan mixer kue biasa. Tetapi percayalah dengan mixer roti profesional maka hasil yang di dapatkan akan sebanding dengan harganya

Langkah berikutnya mengatur temperatur oven sebelum memanggang. Sebelum roti dimasukkan ke oven, ada baiknya oven terlebih dahulu dipanaskan. Jika oven tidak dipanaskan mata roti akan terlalu lama menunggu di dalam oven hingga dapat menyebabkan roti gagal mengembang. Sebaliknya jika terlalu lama memanaskan oven, Anda harus menurunkan temperatur kembali dengan mengecilkan api. Jika oven sudah sudah tidak terlalu panas, adonan siap dipanggang.

Saat pemanggangan kue usahakan agar tidak sering membuka tutup oven. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat kesempurnaan roti. Anda bisa menyiasati dengan menggunakan mesin oven roti yang mempunyai tutup kaca. Anda bisa memantau dari luar tanpa harus membuka oven setiap saat. Selain itu, Anda juga bisa menyetel timer untuk memperkirakan waktu matang kue.

Itu dia beberapa tips agar adonan roti Anda mengembang sempurna. Selain menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, alat seperti mesin mixer roti dan oven roti juga sebagai penentu suksesnya rasa roti Anda.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori