free hit counter Ketahui Bedanya Software Akuntansi Tradisional & Software Akuntansi Online — Forum Bebas Indonesia

Ketahui Bedanya Software Akuntansi Tradisional & Software Akuntansi Online

Aktivitas bisnis yang semakin dinamis kini akan terus menuntut anda untuk dapat bekerja dengan cepat dan cerdas. Namun jika anda masih menyerahkan tugas pencatatan keuangan anda pada sebuah software akuntansi tradisional, maka anda harus siap untuk menghabiskan lebih banyak waktu, tenaga dan pikiran. Terlebih jika perusahaan anda sudah memiliki satu atau banyak cabang.

Bayangkan akan betapa repotnya anda dalam melakukan pengawasan terhadi posisi keuangan di masing – masing cabang. Namun itu semua tidak akan menjadi masalah jika anda mulai beralih dan menggunakan software akuntansi online.

Apa itu software akuntansi online?

Software akuntansi online sangatlah berbeda jauh dengan software akuntansi tradisional. Software akuntansi online hanya membutuhkan sebuah browser seperti chrome, mozilla, dll serta koneksi internet. Dengan kedua hal tersebut anda sudah dapat menggunakannya tanpa harus setting database atau aplikasi yang tidak bisa anda kerjakan sendiri.

Software akuntansi dikenal lebih fleksibel dan lebih praktis. Selain itu, penyimpanan data dan semua kelengkapan software sudah terpasang dalam server dengan menggunakan teknologi cloud. Dengan begitu anda dapat menggunakan software akuntansi ini dengan hemat waktu, hemat biaya, kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Kekurangan pada software akuntansi tradisional

Data yang ditampilkan tidak up-to-date. Artinya, jika Anda memiliki lebih dari satu pengguna software akuntansi, jika salah satu melakukan perubahan atau penambahan data, maka data tersebut tidak dapat di lihat langsung oleh pengguna lain.

Data tidak aman. Untuk mengirim data dari satu komputer ke komputer lain, mungkin anda memerlukan sebuah flashdisk sebagai perantaranya dan metode seperti ini kurang dapat diandalkan.

Akses yang terbatas. Software akuntansi tradisional dalam penggunaannya harus diinstal terlebih dahulu pada sebuah komputer sebelum akhirnya dapat digunakan. Hal ini tentunya tidaklah praktis

Lalu mengapa software akuntansi online cocok untuk UKM?

Dapat bekerja lebih cerdas

Dengan beralih ke software akuntansi online, para pengelola data keuangan akan lebih mudah untuk melakukan kolaborasi dengan karyawan lain. Bahkan dengan karyawan dari cabang dan tempat yang berbeda sekalipun. Hal ini di dukung dengan kemampuannya yang dapat menyajikan data secara real time berkat teknologi cloud computing.

Mudah untuk maintenance dan update sistem

Hal tersulit dalam membangun sebuah sistem adalah ketika update dan juga maintenance. Hal ini juga berlaku untuk software akuntansi tradisional. Namun berbeda dengan software akuntansi online, karena sistem bersifat terpusat dan di update secara berkala oleh vendor.

Akses yang praktis dan fleksibel

Jika bisnis anda memiliki beberapa cabang yang tersebar, software akuntansi tradisional mungkin tidak dapat memberikan laporan keuangan secara cepat dan praktis. Tetapi software akuntansi online dapat memberikan hal tersebut kapanpun dan dimanapun anda membutuhkannya.
Sign In or Register to comment.

Welcome to FORUM!

If you want to take part in the discussions, sign in or apply for membership below!