free hit counter ALASAN KENAPA KAMU HARUS MENDAFTAR BEASISWA LPDP — Forum Bebas Indonesia

ALASAN KENAPA KAMU HARUS MENDAFTAR BEASISWA LPDP

dn47k5vq3w8l.jpg

Beasiswa LPDP – Apakah kamu baru saja lulus program S1 dan ingin melanjutkan S2 namun terkendala dengan biaya? Jangan khawatir, kamu masih bisa mendaftar beasiswa LPDP. Beasiswa LPDP atau biasa disebut juga dengan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) merupakan bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah untuk mahasiswa pascasarjana yang ingin melanjutkan studi di bangku kuliah S2. Beasiswa ini dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang bertanggung jawab langsung dengan Mentri Keuangan.

Beasiswa LPDP

Beasiswa ini mulai dibuka di tahun 2012 dengan berlandaskan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa sekurang kurangnya 20 persen dari seluruh APBN digunakan untuk program pendidikan. Dengan landasan tersebut dibentuklah beasiswa LPDP sebagai lembaga Badan Layanan Umum (BLU) yang panitianya terdiri dari Kementrian Keuangan, Kementrian Pendidikan & Kebudayaan, Kementrian Riset Teknologi & Perguruan Tinggi, serta Kementrian Agama. Pendaftaran Beasiswa ini dibuka sepanjang tahun dengan seleksi mencapai 4 kali tiap tahunnya.
LPDP mengelompokkan Beasiswa BPI menjadi 5 program, yakni : Beasiswa Magister dan Doktor, Beasiswa Tesis dan Desertasi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Kedokteran Spesialis, dan Presidential Schoolarship.

Alasan Mengapa Harus Mendaftar Beasiswa LPDP

Yang Pertama Pembiayaan Seluruh Dana Pendidikan

Seperti yang diketikkan pada website resmi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan(LPDP), LPDP program Magister dan Doktor memberi bantuan dana untuk pembiayaan seluruh dana perkuliahan, mulai dari semester awal sampai semenster akhir. Akan tetapi perlu diingat juga ada batasan waktu sampai nanti lulus. Di awal semester saat perkuliahan nanti atau esok, kamu tak akan lagi bingung ataupun khawatir soal biaya perkuliahan, karena seluruhnya telah ditanggung oleh negara. Pemerintah melalui LPDP akan menjamin biaya pendidikan di kampus yang kamu inginkan.

Yang Kedua Bantuan Biaya Hidup Bulanan

Selain bantuan biaya perkuliahan, kamu juga akan mendapat bantuan biaya hidup bulanan. Biaya hidup bulanan yang ditawarkan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan(LPDP) berbentuk paket, yang dapat kamu ambil tiap bulan atau tahunnya. Dalam situs resmi LPDP, dituliskan bahwa penerima LPDP juga dijamin kehidupannya melalui bantuan dana bulanan ini. Bagi kamu yang ingin mendaftar di universitas yang jauh dari kampung atau desa halamanmu, tentu diawal perkuliahan akan sangat sulit dan susah untuk membagi dana bulanan. Disini biaya bantuan dari LPDP akan sangat terasa dalam membantu pendanaan dan biaya hidup di kota atau negeri orang.

Yang Ketiga Bantuan Biaya Asuransi dan Kesehatan

Selain menjamin pendidikan dan kehidupan di Universitas atau Kampus tempat kamu mendaftar kuliah, pemerintah akan memberikan bantuan dana kesehatan. Melalui bantuan biaya asuransi, diharapkan penerima beasiswa dapat menghemat pengeluarannya dari segi kesehatan. Selain itu, pemerintah juga akan membantu biaya asuransi yang dibuat untuk menjamin kesehatan penerima.

Yang Keempat Biaya Transportasi dari Tempat Tinggal Sampai Universitas Tujuan

Buat kamu yang sangat merindukan kuliah pascasarjana di luar negeri, tidak perlu khawatir lagi tentang biaya transportasi. Selain biaya perkuliahan, biaya hidup, serta biaya kesehatan telah ditanggung oleh pemerintah, pemerintah juga akan membiayai Transportasi yang kamu gunakan dari tempat tinggal hingga Universitas tujuan. Setelah menjadi penerima Lembaga Pengelola Dana Pendidikan(LPDP) program Magister dan Doktor, kamu tak perlu lagi khawatir mengenai biaya perjalanan yang mencapai jutaaan rupiah untuk sekali penerbangannya.

Yang Kelima Bantuan Biaya Buku, Seminar, & Konferensi Tingkat Internasional

Bagi mahasiswa pascasarjana, tentu menghadiri seminar, ataupun konferensi tingkat internasional sangat dibutuhkan. Akan tetapi kendala atau penghambat utamanya adalah biaya yang sangat mahal, dari sini pemerintah berinisiatif untuk membantu pembiayaan seminar dan konferensi tingkat internasional yang kamu inginkan. Selain itu, pemerintah juga menyediakan bantuan biaya buku sebagai tambahan untuk membeli buku literarur yang kamu butuhkan.

Program Beasiswa

Program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan(LPDP) sendiri hanya dua ialah untuk program Magister(S2), baik dalam ataupun luar negeri, serta program Doktor(S3) untuk dalam ataupun luar negeri juga. Jadi tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana(S1).

Baca Juga : Jasa Pembuatan Webiste Sekolah Berkualitas Harga Terjangkau
1uiz6n6u0j8o.jpg


Maksimal masa studi untuk program Magister adalah 2 tahun, dan untuk program Doktor 4 tahun. Apabila melebihi masa waktu tersebut tentu saja bisa dikenakan penalti bagi pemegang/pelakasana beasiswa LPDP tersebut.
Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan & berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan & memberikan dampak yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa Indonesia di masa depan, sehingga orang yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan(LPDP) ini yaitu orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, dan akan melakukan studi lanjutan Magister(S2) maupun Doktor(S3) akan dibiayai oleh beasiswa ini baik yang di dalam maupun di luar negeri.
Sasaran Bidang Ilmu Prioritas
Beberapa Bidang ilmu yang menjadi prioritas dari beasiswa ini saat ini adalah : Bidang Teknik, Bidang Sains, Bidang Kelautan dan Perikanan, Bidang Pertanian, Bidang Kedokteran dan Kesehatan, Bidang Akuntansi dan Keuangan, Bidang Hukum, Bidang Agama, Bidang Pendidikan, Bidang Sosial, Bidang Ekonomi, Bidang Budaya, Seni dan Bahasa, Bidang lainnya.

Proses dan Waktu Pelaksanaan Seleksi

Proses Seleksi :
Daftar Online Internet –> Pengumuman Seleksi Administrasi –> Wawancara Tanya Jawab –> Pengumuman Hasil Wawancara –> Program Kepemimpinan (PK) –> Pengumuman Kelulusan atau Keberhasilan.
Waktu Pelaksanaan :
Pendaftaran beasiswa ini di buka sepanjang tahun, dengan proses seleksi yang dilakukan sebanyak 4 kali.

Baca Juga : Tips Mudah Lolos Beasiswa LPDP

Biaya yang di tanggung :
Biaya pendaftaran pertama, Sumbangan Pembinaan Pendidikan(SPP), tunjangan buku, biaya tesis-disertasi-penelitian, biaya wisuda atau kelulusan, biaya transport PP, asuransi kesehatan, biaya aplikasi visa, biaya hidup & biaya kedatangan.

Beberapa Persyaratan Umum :
Warga Negara Indonesia (WNI), Merupakan Lulusan Sarjana/magister di Universitas terakreditasi Ban-PT, Mempunyai Jiwa Kepemimpinan, Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan/keilmuan/inovasi dan kebudayaan,dan lain sebagainya.
Sign In or Register to comment.

Welcome to FORUM!

If you want to take part in the discussions, sign in or apply for membership below!