Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Tips Memijat Bayi Khusus Untuk Yang Sudah Punya Bayi

Tahukah Ayah dan Ibu? Pijatan lembut dan hangat, ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi, lho. Tapi jika Ayah dan Ibu ingin menyerahkan urusan pijat bayi hanya kepada terapis, ada baiknya dipikir ulang. Tidak ada salahnya Ayah dan Ibu memiliki pengetahuan mengenai tips dan cara memijat bayi sendiri. Pijatan yang langsung dilakukan oleh Ayah dan Ibu, dapat meningkatkan kedekatan emosi dengan bayi.

1pr32d38pc9o.jpg

Yang perlu Ayah dan Ibu ingat, memijat bayi tidak boleh sembarangan dilakukan. Kondisi tubuh bayi yang masih rentan, membuat Ayah dan Ibu harus berhati-hati dalam memijat. Bagi Ayah dan Ibu yang masih bingung bagaimana memulai sesi pijat, tips memijat bayi berikut bisa dikuti. Sebelumnya, tuangkan beberapa tetes baby oil atau minyak zaitun ke telapak tangan. Gosok-gosokkan kedua tangan hingga terasa hangat.
  • Wajah
Ayah dan Ibu bisa memulai pijatan pada area wajah terlebih dahulu. Berikan usapan lembut di bagian dahi menggunakan ujung-ujung jari. Pijat menggunakan dua ibu jari dari atas alis, lalu tarik hingga ke ujung alis.
Masih menggunakan kedua ujung ibu jari, tarik garis perlahan dari arah hidung ke pipi. Pijat area sekitar mulut, tarik lembut kedua ujung bibir hingga membentuk senyuman. Pijat bagian dagu dengan gerakan-gerakan melingkar. Dengan kedua ujung ibu jari, pijat bagian rahang bawah mengarah ke samping. Tarik lembut hingga membuat bibir seolah tersenyum.

  • Dada

Telungkupkan kedua telapak tangan Ayah dan Ibu di bagian jantung. Beri sedikit penekanan dengan telapak tangan, pijat lembut ke arah luar. Alihkan tangan ke bagian dada, tarik lembut ke bawah menuju pangkal paha.
  • Lengan
Lakukan pijatan pada bagian atas lengan menuju ke pergelangan tangan. Putar-putar dengan lembut bagian pergelangan. Kemudian Ayah dan Ibu bisa beralih ke telapak tangan bayi. Beri tekanan-tekanan lembut menggunakan ujung ibu jari. Akhiri dengan memijat jari jemari bayi secara perlahan.
  • Kaki
Mulailah memijat dari arah tungkai atau pangkal paha bagian atas. Arahkan pijatan ke bawah paha lalu turuh ke betis. Beri pijatan pada punggung kaki bayi dengan gerakan memutar. Usapkan telapak tangan dari pergelangan kaki ke arah jari kaki bayi. Tarik perlahan masing-masing jari menggunakan telunjuk dan ibu jari, lakukan dengan lembut.
  • Punggung
Baringkan bayi dalam posisi tengkurap. Berikan pijatan lembut mulai dari area tulang belakang leher hingga bokong. Tidak perlu ditekan kuat-kuat, cukup gunakan ujung-ujung jari. Ayah dan Ibu bisa mengakhiri sesi pijat dengan sebuah pijatan panjang. Usap dengan sedikit penekanan, dari bahu hingga kaki.

Setelah sesi pijat selesai, Ayah dan Ibu bisa langsung memandikan bayi menggunakan air hangat. Apabila sesi pijat dilakukan setelah mandi, Ayah dan Ibu cukup memakaikannya popok dan pakaian. Jangan lupa untuk memberi pelukan dan kecupan agar bayi merasa semakin nyaman.

Manfaat Pijat Bayi
Jika dilakukan secara rutin, pijat bayi dipercaya memiliki beberapa manfaat. Tidak hanya dirasakan oleh bayi, sederet manfaat ini juga bisa Ayah dan Ibu rasakan. Beberapa manfaat pijat bayi yang bisa diperoleh adalah :
  1. Meningkatkan bonding antara Ayah dan Ibu dengan bayi.
  2. Sebagai bentuk stimulus sensorik yang baik untuk perkembangan bayi.
  3. Membuat bayi tenang dan merasa rileks.
  4. Mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi.
  5. Membuat bayi lebih mudah untuk tidur nyenyak.
  6. Meningkatkan rasa percaya diri Ayah dan Ibu dalam merawat buah hati.

r8cd7uwomgpg.jpg

Sentuhan tangan Ayah dan Ibu pada buah hati, merupakan salah satu bentuk kasih sayang. Jadi, jangan ragu untuk memijat buah hati Ayah dan Ibu sendiri ya. Semoga tips dan cara memijat bayi ini bermanfaat untuk Ayah dan Ibu.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori