Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Sejarah Kota Bekasi yang Wajib Anda Tahu!


Sejarah Kota Bekasi memang cukup panjang dan perlu anda ketahui karena Kota Bekasi adalah Kota Partiot yang menjadi wilayah berkumpulnya pahlawan nasional untuk berperang melawan para penjajah yang berkunjung ke Tanah Air, So kamu perlu tahu bagaimana asal-usul Kota yang sudah membawa Indonesia lebih damai saat ini.
Kota Bekasi sendiri merupakan salah satu wilayah Jakarta yang termasuk dalam Jabodetabek, Kota metropolitan ini perkembangan nya terbilang sangat pesat, bahkan menjadi satu diantara destinasi pariwisata yang terbanyak dikunjungi akhir-akhir ini dengan berbagai jenis wisata yang dimilikinya, tak ketinggalan juga tempat wisata bersejarah yang berada di Bekasi.
Ada banyak sekali obyek pariwisata yang bisa anda datangi di kota Bekasi, mulai dari wisata air hingga wisata alam yang begitu indah dan asri. Bagi kamu yang mau berkunjung ke Kota Bekasi bias memakai jasa Rental mobil Bekasi supaya lebih membantu anda untuk mengexplore semua tempat wisata yang ada di Bekasi.
Selain tempat wisata, ternyata di Bekasi juga mempunyai infrastruktur yang sangat modern dilihat dari banyaknya Mall-mall yang mulai berdiri di Kota tersebut. Ada puluhan Mall yang berdiri kokoh di kota Bekasi sehingga masyarakat yang mengunjungi Kota Bekasi dapat menikmati wisata berbelanja di berbagai macam Mall yang dapat mereka tentukan.
Bekasi merupakan Kota yang memiliki sejarah panjang karena sudah berdiri sejak dahulu, Kota yang sering di Bully oleh pengguna sosial media ini ternyata mempunyai sejarah yang wajib anda tahu. Sejarah Kota Bekasi sendiri sebenarnya dimulai ketika dibangun nya kerajaan besar yang bernama Tarumanegara yang berkuasa di wilayah Sunda Kelapa, Depok, Cibinong, Bogor hingga wilayah Sungai Cimanuk yang berada di Indramayu.
Anda yang ingin pergi berwisata ke Kota yang bersejarah ini dapat menggunakan Rental mobil Bekasi terpercaya agar lebih mudah menemukan obyek pariwisata yang banyak di Kota yang satu ini. Kota Bekasi juga menorehkan sejarah yang panjang sampai pada akhirnya dijuluki sebagai Kota Patriot, bahkan anda pasti sudah biasa mendengarkan sebuah puisi yang di buat oleh Chairil Anwar dengan judul Kerawang – Bekasi.
Puisi Kerawang – Bekasi ini merupakan karangan yang menceritakan betapa patriotnya Kota Bekasi yang satu ini, jadi anda perlu menghormati Kota yang bersejarah satu ini dan Kota-Kota yang berada di daerah lain karena semua wilayah pastilah memiliki sejarah tertentu yang harus negara ini jaga betul dan hormati.
Anda pasti sudah sering mendengar puisi yang diciptakan salah satu Bapak puisi yang ada di Indonesia ini, mendengarkan puisinya sendiri pasti sudah menggetarkan hati, terlebih jika kamu mengetahui bagaimana sejarahnya Kota Bekasi lebih jauh.
Karena itulah untuk mengetahui sejarah Kota Bekasi anda bisa membaca artikel ini lebih lanjut dengan diawali dengan sejarah nama dari Bekasi itu sendiri yang sudah berganti beberapa kali. Mulai dari ChandraBhaga hingga nama Bekasi yang melekat hingga saat ini.
Kota Bekasi awalnya memiliki nama Chandrabhaga, yang berarti Chandra adalah “Bulan”, sedangkan Bhaga memiliki makna “Bagian”. Kajian secara etimologis tersebut menyatakan bahwa makna kata dari ChandraBhaga adalah bagian dari bulan.
Setelah bernama ChandraBhaga, ternyata nama nya di ubah menjadi Bhagasasi, tetapi karena pengucapan nya yang sulit akhirnya seiring berjalan nya waktu membuat nya disebut dengan “Bhagasi”. Ketika Belanda menjajah Indonesia dan Bekasi dikuasai oleh Belanda, nama nya akhirnya diganti dengan nama “Bacassie”.
Namun nama “Bacassie” tersebut lebih familiar dengan sebuat Bekasi sehingga nama Kota ini akhirnya menjadi “Bekasi” hingga saat ini. Kota yang satu ini masuk dalam catatan sejarah Republik Indonesia karena di sinilah berkumpulnya para pejuang hingga titik darah penghabisan untuk melawan penjajah, jadi tidak salah jika Kota Bekasi akhirnya dijuluki dengan Kota Patriot.
Sejarah Kota Bekasi setelah masa kemerdekaan, berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 1950 terbentuklah Kabupaten Bekasi dengan wilayah yang terdiri dari 4 kewedanaan, 13 kecamatan (termasuk Kecamatan Cibarusah) dan 95 desa. Angka-angka tersebut ternyata di ungkapkan dengan simbolis dalam lambang Kabupaten Bekasi dengan motto “Swatantra Wibawa Mukti”.
Pemimpin Bekasi juga sudah banyak berganti, namun pada akhirnya tanggal 20 April 1982, Menteri Dalam Negeri meresmikan Kota Administrasi Bekasi. Walikota yang pertama menjabat adalah H. Soedjono (1982 - 1988). Lalu pada tahun 1988 tersebut beliau digantikan oleh Drs. Andi Sukardi hingga tahun 1991, masa jabatan (1988 - 1991), kemudian diganti lagi oleh Bapak Drs. H. Khailani AR hingga tahun (1991 – 1997).
Kota yang menjadi perbincangan ini merupakan Kota bersejarah yang memiliki seribu cerita yang tidak akan habis meskipun ditelan masa. Kota yang satu ini terus berkembang hingga menjadi Kota besar dengan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi sehingga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat.
Roda perekonomian masyarakat Bekasi memang meningkat seiring berjalan nya waktu karena ada banyak pembangunan yang di alokasikan pemerintah pada Kota bersejarah ini. Kota ini akhirnya berkembang menjadi Madya berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1996 dengan segala perkembangan yang signifikan.
Tidak heran jika perkembangan ini membuat masyarakat di luar Kota Bekasi berbondong-bondong untuk merantau ke Kota yang satu ini sehingga hingga saat ini jumlah penduduk terbesar di Indonesia yang ke empat adalah Kota Bekasi sehingga perekonomian di Bekasi mau tidak mau pasti berkembang.
Banyak pengusaha yang lebih memilih Bekasi sebagai tempat pengembangan usaha yang dimiliki sehingga tidak heran jika Bekasi menjadi Kota yang bersejarah dan menarik wisatawan dari luar Kota. Jadi bagi anda yang ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Bekasi bisa menggunakan jasa Rental mobil Bekasi murah dan kami akan mengantarkan anda.
Kota-Kota yang ada di Indonesia memang memiliki sejarah yang sangat menarik, jadi tidak heran jika ternyata Kota Bekasi sendiri menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Selain wisata alam seperti rafting, paintball dan lainnya, anda juga bisa mengunjungi puluhan Mall yang ada di sana sebagai tempat wisata belanja dan kuliner.
Tidak afdhol rasanya jika anda pergi ke Bekasi tanpa mencicipi wisata kuliner Khas Bekasi serta membeli pernak-pernik yang ada di bekasi sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Kota yang satu ini. Hingga saat ini sudah ada sekitar 20 Mall lebih yang ada di Bekasi, jadi anda bisa memilih salah satu Mall untuk tempat wisata belanja yang akan anda datangi nanti.
Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mengunjungi Kota Bekasi dan belajar Sejarah Kota Bekasi lebih lanjut? Sebaiknya anda datang ke Bekasi secara langsung karena akan lebih memudahkan anda untuk mengerti sejarah Kota Bekasi, dan tahu bagaimana Kota ini perkembangan nya.
Itulah beberapa Sejarah Kota Bekasi yang wajib anda ketahui mulai dari asal usul nama Bekasi, hingga siapa saja yang pernah menjadi pemimpin Kota Bekasi sehingga bisa menambah pengetahuan anda seputar Kota yang dijuluki dengan Kota Patriot ini, terima kasih.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori