Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Bubur Bayi Sehat Bisa Dilihat Dari Warnanya

e1711149128314f657a8eaf40c5226cc--homemade-baby-foods-fresh-baby-food-recipes.jpg


Ada banyak sekali resep bubur bayi sehat. Namun, ibu pasti ingin mencari resep bubur yang sehat, bukan? Selain itu, bubur tersebut juga harus mengandung nutrisi yang sedang dibutuhkan oleh si kecil. Percuma jika ibu menyiapkan bubur sehat namun kandungan nutrisinya sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Atau justru kandungan nutrisi di dalam bubur tersebut sudah berlebihan di dalam tubuh bayi.

Oleh sebab itu, ibu harus bijak dalam membuatkan bubur. Dan kandungan nutrisi di dalam bubur itu bisa dilihat dari warnanya lho. Jika ibu tidak percaya, baca saja penjelasan berikut ini.

Nutrisi Bubur Berdasarkan Warnanya

Tentu saja bukan hanya warna saja yang bisa dijadikan patokan. Akan tetapi, ini bisa dijadikan sebagai pertanda apa saja kandungan yang terdapat di dalam bubur. Hal ini disebabkan warna bubur bayi yang sehat itu menentukan bahan yang digunakan.

Bubur Bayi Warna Hijau
Ibu pasti bisa menebak bahan apa yang digunakan agar bubur bayi berwarna hijau. Mudah sekali untuk membuat bubur seperti ini. Cukup buatkan bubur yang terbuat dari nasi yang dicampurkan dengan sayuran seperti bayam. Kemudian, bahan tersebut dicampur. Akan lebih baik juga jika diblender agar teksturnya lebih lembut. Dengan demikian, bubur bisa dengan mudah dicerna oleh bayi sekalpun usianya baru 6 bulan.

Namun, pertanyaanya kandungan apa yang terdapat pada bayam sehingga warnanya menjadi hijau? Coba ingat kembali pelajaran biologi waktu masih di bangku sekolah dulu. Apa yang terkandung di dalam sayuran yang berwarna hijau. Atau coba ingat kembali mengapa bayam berwarna hijau. Menurut ilmu biologi, warna hijau tersebut disebabkan oleh klorofil. Inilah salah satu yang terkandung di dalam bayam ini.

Lalu, apa gunanya klorofil ini? Ini tidak hanya zat pewarna saja, tapi juga bagus untuk kesehatan tubuh lho. Ternyata, klorofil ini berfungsi sebagai dektosifikasi. Arti detoksifikasi adalah proses menghancurkan racun yang bisa menyebabkan penyakit yang ada di dalam tubuh. Ini juga sama baiknya dengan zat lain yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Tentu bukan hanya bubur dicampur dengan bayam saja yang bisa ibu buat. Ada juga bahan lainnya yang sama khasiatnya seperti brokoli, kol, dan sawi. Hampir semua sayuran berwarna hijau itu sangat bagus untuk kesehatan bayi.

Bubur Bayi Warna Jingga
Belum pernah membuat bubur yang berwarna jingga? Ibu coba saja buatkan bubur bayi sehat dari ubi, terutama yang keseluruhannya berwarna jingga. Bahkan, bahan yang satu ini sangat direkomendasikan oleh para dokter untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat bubur bayi.

Namun, apakah itu saja sayuran yang bisa membuat bubur berwarna jingga? Tentu saja tidak. Bisa dikatakan ubi jingga itu sulit didapatkan. Maka dari itu, ibu bisa mencari alternatif lainnya.
Akan tetapi, apa makna dari warna jingga ini? Menurut peneliti kesehatan, warna jingga ini menandakan bubur mengandung beta-karotin yang tinggi. Beta-karotin ini tidak hanya penyebab warna jingga tapi juga sebagai nutrisi bisa berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Ini sangat diperlukan agar sistem penglihatan bayi selalu terjaga dengan baik. Lebih dari itu, vitamin A ini juga diperlukan agar kulit bayi yang masih sensitif tidak mudah terkena bakteri yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

Lalu, bagaimana jika Anda tidak bisa mendapatkan ubi jingga? Tenang saja. Ibu bisa buatkan bubur yang berbahan wortel atau labu. Kedua sayuran ini juga kaya akan beta-karotin seperti halnya ubi.

Bubur Bayi Warna Putih
Ada juga lho bubur sehat untuk bayi yang tak berwarna. Artinya warnanya hanya plain atau putih. Contohnya saja bubur yang dibuat dari singkong atau lobak. Namun, jangan salah. Bubur bayi ini juga bergizi tinggi lho. Bubur dengan warna putih seperti ini biasanya mengandung vitamin D serta kalsium yang tinggi. Dua kandungan nutrisi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi dan juga tulang bayi yang kuat.

Lalu jika pertanyaannya mana bubur bayi yang terbaik, maka jawabannya semuanya baik. Akan tetapi, sebaiknya menyiapkan menu bubur yang berbeda-beda. Hal ini sangat penting agar bayi tidak bosan. Pasalnya, ketika bayi ibu hanya mengkonsumsi satu jenis bubur saja, maka besar kemungkinan bayi menjadi bosan dan tidak lagi mau makan. Ibu bisa jadwalkan membuat bubur yang berbeda-beda setiap hari. Ini juga berguna agar semakin banyak makanan dengan rasa yang berbeda yang dicicipi oleh si kecil. Sesekali ibu bisa buatkan bubur bayi Nestle Cerelac. Ini merupakan bubur bayi instan yang kaya akan kandungan nutrisi. Ini tepat sekali dijadikan makanan bayi ketika dalam perjalanan. Jadi, Anda hanya perlu untuk membawa air hangat. Seduh dan bubur bayi bisa dengan disajikan.

Namun, bukan hanya bubur saja yang perlu ibu berikan. Saat usia si kecil sudah menginjak 10 bulan misalnya, maka mulailan untuk memberikan makanan yang sedikit lebih kasar. Ini akan membantu pertumbuhan gigi lebih cepat. Selain itu, makanan seperti ini juga akan membuat sistem pencernaan bisa lebih siap untuk mencerna makanan layaknya orang dewasa.

Bubur bayi menjadi menu MPASI yang paling disarankan untuk ibu berikan untuk si kecil. Namun, bukan berarti bubur itu hanya dibuat dari beras saja. Ibu harus lebih kreatif. Kumpulkan lebih banyak resep bubur bayi sehat agar bayi mendapatkan semua kandungan nutrisi dari bahan makanan yang berbeda.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori