Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Dikota Malang Ada Polisi Tidur Yang Mampu Menghasilkan Listrik

Dikota Malang Ada Polisi Tidur Yang Mampu Menghasilkan Listrik

Loh ? Masak iya sih ada polisi tidur yang dapat menghasilkan energi listrik ? Serius ? Betul sekali. Ini bukanlah sebuah berita hoax atau kabar burung. Hal ini benar-benar ada berkat kejeniusan dan kecerdasan dari sekelompok mahasiswa fakulstas teknik elektro di universitas Brawijaya yang telah berhasil menciptakan sebuah konsep baru polisi tidur yang bisa menghasilkan energi listrik.
pfddaicppgg9.jpg

Projek ini mereka namai POTRET yang artinya "Polisi Tidur Penghasil Energi Terbarukan" tim yang mengerjakan projek ini terdiri dari Doni Darmawan (ketua tim), Hasan, Ridho, Anthony dan seorang dosen pembimbing Eka Maulana.

Karena kreatifitas mereka dan idenya yang sangat unik, alat yang mereka ciptakan masuk ke nominasi dari lima besar penghargaan inovasi teknologi kota Malang (INOTEK) tahun 2016 untuk dibidang energi dengan menerapkan hukum kekekalan energi agar bisa mengahasilkan tenaga listirk.

"Kami memanfaatkan perubahan energi potensial pegas yang kami letakan dibagian bawah polisi tidur" Cerita Doni Dermawan selaku ketua tim POTRET.

Karena adanya tekanan dari beberapa kendaraan yang melintas di polisi tidur, energi tersebut dikonversikan menjadi enrgi kinetik dan energi tersebut akan memutar sebuah rotor dari generator DC untuk menghasilkan sebuah tegangan listrik.

Selanjutnya, rangkaian-rangkaian tersebut dihubungkan dengan sebuah aki atau accu dan perlahan-lahan akan mengisi tegangan accu hingga penuh. Hingga pada akhirnya, sebuah energi listrik yang tersimpan di dalam aki tersebut akan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

"Apabila dalam sehari saja terdapat kisaran 1.000 kendaraan dengan berat rata-rata 1000-2000 kilogram yang melintas, gear akan mampu memutar generator dengan kecepatan putar 1000-1350 rpm. Maka, output dari system ini bisa digunakan untuk menghidupkan empat lampu masing-masing 40 watt selama kurang lebih 10 jam setiap hari," ujar Doni.

Selain inovasi serta terobosan terbaru di dunia kelistrikan tersebut, jangan lupa juga untuk mengunjungi rajawali indo utama, salah satu website terbaik dalam jual genset silent dan open. untuk mendapatkan informasi penting beragam mesin genset penghasil listrik yang berkualitas seperti genset murah, dengan berbagai merk dan ukuran sesuai kebutuhan anda. Pada situs tersebut juga telah disediakan info daftar harga genset terbaru tahun ini.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori