Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

7 Langkah Bikin Nyamuk Malas Mampir ke Rumah

mosquito-542156_1280.original.jpg

Banyak lingkungan hunian yang ternyata rentan akan serangan nyamuk. Misalnya perumahan yang terletak dekat dari danau, rawa, atau rumah dengan pekarangan yang tidak terurus. Kehadiran hewan penghisap darah ini tentu saja dapat mengganggu kenyaman penghuni rumah.

Jangankan mengajak anak bermain di luar rumah, di kamar tidur pun nyamuk bisa dengan mudah berkeliaran. Untuk mencegah resiko penularan penyakit berbahaya, segera ambil langkah serius untuk mengusir nyamuk dari rumah Anda. Simak langkah-langkahnya!

1. Menanam Tanaman Penolak Nyamuk

Ada beberapa jenis tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk. Sebagai contoh citronella, horsemint, marigolds, ageratum dan catnip. Beberapa jenis tanaman tersebut bisa mengeluarkan aroma kuat yang tidak disukai oleh nyamuk.

Pada dasarnya nyamuk memang tidak suka dengan wewangian. Jadi selain dengan merawat beberapa jenis tanaman seperti di atas, Anda juga bisa menambahkan pengharum ruangan di dalam rumah.

2. Gunakan Pakaian yang Melindungi

Jika Anda ingin beraktivitas di luar rumah, jangan lupa menggunakan pakaian yang bisa melindungi kulit semaksimal mungkin. Namun di tengah cuaca yang panas, mungkin agak sulit menerapkan tips ini. Jadi pilihlah jenis pakaian yang nyaman dan menyerap keringat seperti kaos.

3. Sprai atau Losion Penolak Nyamuk

Ada beberapa produk mosquito repellent yang bisa Anda gunakan untuk menjauhkan kulit dari gigitan nyamuk. Mulai dari yang berbentuk losion sampai dengan sprai. Apapun merek yang Anda pilih, produk tersebut menggunakan bahan aktif seperti DEET, picardin, OLE (minyak esensial dari eukaliptus lemon).

Pastikan mereka aman dipakai untuk kulit sensitif ataupun anak-anak.

4. Produk Anti Nyamuk yang Dipakai

Selain perlindungan lapisan pada kulit, Anda juga bisa menggunakan beberapa produk penolak nyamuk. Misalnya untuk bayi dan anak-anak, Anda bisa menggunakan stiker anti nyamuk yang bisa ditempel pada pakaian.

Selain stiker ada pula produk anti nyamuk lainnya seperti gelang. Apapun yang dipilih, pastikan produk tersebut menggunakan bahan alami yang nyaman dikenakan oleh anak-anak.

5. Kipas Angin

Menurut hasil riset American Mosquito Control Association (AMCA), kipas angin bisa mengusir nyamuk dan serangga lainnya untuk menjauh.

6. Lilin Aromaterapi

Berfungsi mengharumkan ruangan. Pilihan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk bisa menjadi prioritas ketika memilih lilin aromaterapi.

7. Perhatikan Genangan Air di Rumah

Harus dipahami bahwa nyamuk senang berkembangbiak dan meletakkan telurnya di air yang menggenang. Telur bisa menetas dalam genangan air setinggi hanya satu inci.

Dan asal tahu saja, nyamuk betina bisa meletakkan sekitar 300 telur setiap kali mereka bereproduksi, yang artinya meningkatkan 3 kali lipat jangka usianya. Jadi jika ada air menggenang beberapa hari di area sekitar rumah, segera tumpahkan dan buang.

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!