Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Mengiris Bawang Tanpa Mata Perih? Ini Rahasianya

Mengiris bawang selalu membawa masalah tersendiri bagi sebagian orang. Ya tak bisa di pungkiri jika bawang merah/putih apabila di potong atau di iris tidak tepat dapat membuat kita mengeluarkan air mata lho. Mengapa bisa hanya mengupas bawang membuat mata kita perih dan meneteskan air mata? Oke begini penjelasan singkatnya.
shutterstock_175463489.jpg?w=458&h=305

Saat Anda memotong bagian basal atau akar, bawang akan mengeluarkan enzim. Enzim ini bereaksi dengan seluruh bagian bawang dan melepaskan gas. Ketika gas tersebut bercampur dengan air, terbentuk asam. Jika air tersebut berada di dalam mata. maka akan ada asam terbentuk dalam mata Anda. Oleh karena itu di butuhkan langkah tepat dalam mengiris bawang agar sesuai dengan aturan dan tidak menyebabkan efek samping pada mata anda.Attachment not found.
  • Pertama, gunakan alat pemotong yang tajam dalam hal ini pisau atau grinder (mesin pengiris bawang rumahan) khusus. Mengapa harus tajam? Logikanya anda harus memotong bawang tanpa harus menghancurkan teksturnya. Hal ini akan memperkecil kemungkinan enzim yang di lepas jadi lebih sedikit bahkan jauh berkurang.
  • Kedua anda bisa mendinginkan bawang di dalam freezer selama 10-15 menit sebelum di iris. Cara ini memang terbukti efektif untuk mengurangi secara signifikan jumlah enzim asam yang lepas ke udara.
  • Ketiga, cara ini mungkin agak sedikit merepotkan namun cukup efektif. Anda bisa memotong bawang di bawah permukaan air. Dengan menggunakan metode ini enzim / zat asam pada bawang tidak akan sempat berokisdasi. Sisi buruknya adalah betapa sulitnya mengiris bawang di dalam air, hal ini akan menyebabkan irisan bawang menjadi berantakan dan hancur.
  • Ke empat, potong / iris bawang di dekat alitan air panas atau yang ber uap. Uap air akan secara otomatis menetralisir uap yang di hasilkan oleh gas Enzim. Hal ini akan membuat mata tidak menjadi pedih dan bau dari bawang tidak terlalu tercium.
  • Ke Lima..ketika mengiris bawang hal paling baik yang bisa anda lakukan adalah melakukan pernapasan dari mulut lalu keluarkan sedikit lidah anda. Hal ini akan membuat gas dari bawang mengarah ke lidah Anda yang basah. Saraf pengecap, yang terletak di dekat saraf kelenjar air mata akan terlewati, sehingga air mata tidak akan terbentuk.
  • Ke Enam, anda bisa merendam bawang di dalam air selama beberapa menit sebelum di iris, hal in iakan menyebabkan Enzim akan terdenaturasi akibat batas air – udara. Sisi buruknya bawang akan menjadi lebih sulit di pegang pada saat di iris
  • Ke Tujuh, ketika sedang mengiris bawang sedapat mungkin bersiulah dengan nada nada panjang. Hal ini memang agak sediklit konyol, tetapi dengan bersiul anda bisa membuat enzin gas yang menguap menjadi sedikit terurai karena udara yang di hembuskan. Hal ini tentu saja akan mermbuat mata anda tidak menjadi begitu perih.
Nah bagaimana langkah-langkah cara mengiris bawang di atas? Sederhana bukan. Mengiris bawang memang merupakan pekerjaan yang mudah untuk di lakukan, tetapi resiko mata berair adalah momok yang cukup sering terjadi di kalangan ibu rumah tangga. Di anjurkan apabila anda ingin mendapatkan hasil maksimal dengan resiko yang minim, maka sudah sepantasnya anda menggunakn mesin pengiris bawang professional. Penggunaan mesin pengiris ini akan membuat hasil irisan jadi lebih sempurna, bersih dan rapih. Dan yang lebih penting lagi mata anda akan tidak menjadi perih dan berair.

Oker semoga berguna
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori