Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

Ada banyak cara dalam menjaga kesehatan anak. Selain memberi makanan dan minuman bergizi tinggi, tidur yang cukup juga merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi.
baby-1151351_1920.jpg?resize=1200%2C900&ssl=1
Tidur siang dapat membantu proses tumbuh kembang, pertumbuhan tubuh, dan kecerdasaan otak anak.

Kurang tidur tidak hanya membuat tubuh menjadi tidak bugar, namun juga dapat mengganggu kesehatan jika dijadikan gaya hidup dan dilakukan terus-menerus dalam waktu yang lama. Selain cukup tidur di malam hari, tidur siang ternyata tidak kalah pentingnya. Terlebih-lebih bagi anak yang berusia balita sampai 12 tahun. Ketika anak sudah aktif bergerak, mereka akan mulai susah untuk diminta tidur siang. Padahal menurut penelitian, tidur siang banyak manfaatnya bagi anak. Berikut penjelasan tentang manfaat lainnya tidur siang bagi anak.

Tubuh Beristirahat

Anak yang sudah merangkak atau berjalan biasanya akan mulai tidak bisa diam dan selalu bergerak setiap saat. Ketika hal itu itu terjadi, tidak hanya badan si anak yang melakukan aktivitas, namun juga seluruh otot, otak, dan organ-organ di dalam tubuhnya. Dengan tidur siang, anda dapat membantu membantu sang anak untuk mengistirahatkan tubuhnya, baik di luar maupun dalam. Setelah tidur siang, otomatis anak akan merasa lebih segar dan bisa kembali aktif bergerak.

Perkembangan Otak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona, Amerika Serikat, terhadap anak berusia 3 tahun, menunjukkan bahwa anak yang rutin melakukan tidur siang akan lebih baik dalam mengingat kosakata baru yang diberikan, dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang. Anak-anak yang mendapatkan istirahat cukup di siang hari tidak akan mudah merasa kelelahan. Ini membuat mereka mampu secara optimal menerima, memproses, dan mengaplikasikan informasi yang diterimanya sehari-hari.

Pertumbuhan Tubuh

Ketika anak terlelap, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan, Human Growth Hormone (h-GH), lebih banyak di dalam darah. Hormon ini merangsang pertumbuhan tubuh anak, hal ini membuat proses tumbuh kembang anak menjadi lebih maksimal. Bahkan ada yang mengatakan bahwa tidur siang dapat membuat sang anak tumbuh lebih tinggi dibanding mereka yang tidak. Hormon pertumbuhan ini diproduksi oleh otak dan sistem hormon lainnya seperti hormon gondok, anak, tulang, dan otot. Sistem inilah yang nantinya mendukung pertumbuhan tinggi badan dan kecerdasan otak anak. Maka dipercaya bahwa tidur siang dapat membuat anak tumbuh lebih tinggi dibanding yang tidak tidur siang.

Lebih Bahagia

Balita di bawah dua tahun yang kurang tidur siang atau bahkan tidak tidur siang sama sekali, mempunyai kecenderungan mengalami stres dan tidak bahagia. Akibatnya ketika dewasa, mereka memiliki resiko yang lebih besar terhadap gangguan kesehatan mental. Ini dapat terjadi karena pada saat anak kurang tidur akan mengalami kelelahan yang membuatnya menjadi lebih rewel, merasa lebih cemas, dan kurang aktif serta tidak tertarik dengan hal-hal di sekelilingnya.


Tidur siang yang cukup dapat membuat anak tetap bugar dan lancar beraktivitas.

Tidak hanya bermanfaat untuk anak usia balita sampai dengan 15 tahun, nyatanya tidur siang juga bermanfaat bagi orang dewasa. Selain itu, kurangnya tidur siang bagi anak dapat mempengaruhi proses pertumbuhan, kecerdasan, dan konsentrasinya. Jadikanlah tidur siang sebagai sebuah rutinitas sehari-hari demi terciptanya anak-anak yang sehat, aktif, dan cerdas.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori