Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Cara Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula

Moda transportasi pesawat sekarang mulai banyak diminati, seiring dengan banyaknya tiket pesawat yang semakin murah. Bagi kamu yang sudah terbiasa naik pesawat, mungkin sudah tidak akan kaget lagi ketika masuk ke bandara. Namun bagi kamu yang baru pertama kali, tentu butuh bimbingan khusus. Ini adalah cara naik pesawat yang perlu kamu ketahui.

Datang ke bandara satu jam sebelumnya
Untuk menghindari keterburu-buruan, sebaiknya kamu datang ke bandara lebih awal dari waktu keberangkatan pesawatmu. Karena, daripada berisiko telat dan ketinggalan pesawat, lebih baik menunggu sebentar. Datang lebih awal kemudian langsung lakukan check in. Dengan begitu, risiko tertinggal pesawat dapat dihindari.

Persiapkan tiket
Tiket pesawat kini dapat dibeli secara online, baik melalui website agen penjualan tiket maupun aplikasi handphone. Di beberapa aplikasi travel seperti Traveloka, tiket dapat digunakan dalam bentuk digital (e-ticket) untuk check in, akan tetapi ada beberapa yang tetap harus melakukan print out (cetak) tiket untuk dapat check in di Bandara.
Di bandara tertentu, penerbangan dibagi dalam beberapa terminal keberangkatan, seperti misalnya bandara Soekarno Hatta (CGK). Untuk itu, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu ada di terminal berapakah maskapai yang akan kamu naiki. Kemudian serahkan tiket kepada petugas di terminal tersebut untuk masuk.

Check in pada loket yang tersedia
Sebelum melakukan check in, persiapkan data diri yang digunakan untuk verifikasi data tiket (KTP, passport, SIM), dan juga barang bawaan yang akan masuk ke bagasi. Kemudian, antre pada loket yang sesuai. Silakan tanyakan kepada petugas bandara.
Setelah menunjukkan data diri, kamu akan mendapatkan boarding pass yang nantinya akan digunakan untuk masuk ke dalam pesawat. Pastikan data dirimu tidak tertinggal setelah menerima boarding pass. Di boarding pass tersebut, sudah tertera informasi mengenai nomor kursi dan gate keberangkatan mana yang harus kamu lalui.
Untuk barang bawaan, letakkan barang-barangmu pada tas timbangan yang biasanya berada di sebelah petugas bandara. Nanti tas atau koper tersebut akan diberi label dan kamu akan mendapatkan bukti nomor tas yang masuk ke bagasi. Nomor tersebut akan digunakan untuk mengambil tas pada saat kamu sampai di bandara tujuan. Jadi, jangan sampai hilang ya.

Membayar airport tax
Airport tax atau pajak bandara adalah satu hal yang kamu tidak boleh lupa ketika ingin naik pesawat. Biaya airport tax untuk setiap bandara bisa berbeda-beda. Nah, airport tax ini nantinya harus dibayarkan secara langsung di counter saat kamu hendak melakukan check in. Namun ada beberapa bandara yang tempat pembayaran airport tax-nya dilakukan di tempat terpisah. Kalau binging, jangan malu untuk bertanya kepada petugas ya.

Menunggu di boarding room
Sebelum kamu memasuki ruang keberangkatan, biasanya kamu akan melalui proses pemeriksaan barang. Kemudian barulah kamu dapat masuk ke ruang tunggu.
Setelah masuk, silakan cari gate yang telah ditentukan sesuai dengan yang tertera pada boarding pass, kemudian duduk dan menunggu pada gate yang telah ditentukan. Kamu bisa melihat informasi mengenai gate atau status pesawat ini pada papan informasi yang tersedia di boarding room.

Masuk ke dalam pesawat
Sebelum kamu masuk ke dalam pesawat, ada baiknya untuk memeriksa nomor kursimu. Kalau nomor kursimu ada di urutan depan (biasanya 1 sampai 20), sebaiknya naik dari pintu bagian depan. Namun kalau nomor kursi akhir (mulai nomor 21), sebaiknya naiklah dari pintu belakang.
Setelah kamu mendapatkan kursi yang sesuai dengan nomor kursimu, kamu bisa meletakkan tasmu pada bagasi yang letaknya di atas kabin. Kemudian duduk dan ingat, jangan lupa untuk gunakan sabuk pengaman.

Sampai di bandara tujuan
Setelah pesawat landing di bandara tujuan, jangan langsung buru-buru melepas sabuk pengamanmu. Tunggu dulu hingga pesawat benar-benar telah berhenti dan sudah ada instruksi untuk melepas sabuk pengaman, barulah kamu boleh melepas sabuk pengamanmu. Eits, jangan lupakan tas yang kamu simpan di bagasi ya!

Credits: https://www.satujam.com/cara-naik-pesawat/
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori