Contact Us
MERDEKA
DIRGAHAYU Republik INDONESIA - Ayo Kita Tingkatkan Persatuan & Kesatuan Bangsa. Erat Dalam Keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Maju Bersama & Tingkatkan Etos Kerja Yang Baik Untuk Indonesia Modern Yang Tetap Berbudaya. MERDEKA!!!

Forum Bebas Indonesia

CLOUD COMPUTING JUGA MEMBAWA PENGARUH POSITIF BAGI DUNIA PENDIDIKAN


Cloud Server Indonesia – Dunia pendidikan terutama sekolah sudah saatnya bermigrasi menggunakan cloud computing. Ya, tidak hanya membawa perubahan dalam bidang bisnis, cloud computing juga menyentuh dunia pendidikan. Dengan bermigrasi ke cloud computing dunia pendidikan sekolah akan mendapatkan beberapa manfaat di antaranya:

Memperkecil risiko penyebaran virus atau malware komputer. Selama ini murid dan guru sangat bergantung pada flashdisk untuk menyimpan data. Tidak hanya dibuka pada laptop atau komputer pribadi, flashdisk itu beredar terutama saat ada tugas atau kerja kelompok. Seandainya ada satu komputer saja yang terkena virus maka dengan cepat akan segera menyebar ke komputer lainnya. Sangat berbeda jika sekolah sudah bermigrasi menggunakan cloud computing. Yang harus dilakukan oleh guru dan murid adalah menyimpan data yang mereka butuhkan pada cloud computing dan dapat diakses dari mana dan kapan saja bahkan saat mereka berada di rumah.

Memudahkan saat akan memeriksa perubahan. Dengan bermigrasi ke cloud computing, perubahan sekecil apa pun yang terjadi akan dapat diketahui dengan mudah dan cepat. Hal ini tentu akan berguna bagi para guru saat menyiapkannya materi yang akan diajarkan. Begitu juga bagi para murid, kemampuan ini sangat dibutuhkan saat mengerjakan tugas.

Keamanan data. Pernah berpikir betapa sulitnya menyimpan materi ujian dari para murid yang selalu memiliki cara untuk memastikan akan mendapatkan nilah bagus? Menyimpan di cloud computing dapat menjadi solusi karena hanya mereka yang memiliki akses yang dapat membuka atau memeriksa data tersebut. Hal ini tentu meringankan pekerjaan guru juga mengurangi risiko soal atau materi bocor.

Mengurangi biaya terutama biaya menyiapkan materi. Sebagian besar guru dan staf sekolah habis untuk mencetak, menyimpan juga mendistribusikan informasi melalui selebaran. Sekarang hal ini tidak perlu dilakukan sehingga lebih menghemat tenaga juga biaya. Data atau informasi yang ingin disebarkan cukup diunggah ke cloud computing dan berikan aksesnya kepada seluruh siswa atau wali murid jika dalam hal ini informasi yang ingin disebarkan terkait dengan mereka.
Banyak yang tidak sadar kalau bidang pendidikan terutama sekolah serupa dengan bidang usaha yang harus dikelola dengan mengikuti perkembangan jaman atau akan tertinggal. Salah satu cara mengikuti perkembangan jaman tentu dengan bermigrasi menggunakan cloud computing. Selain untuk mengikuti perkembangan jaman juga untuk memudahkan dan meningkatkan efektivitas serta efiseinsi sekolah sebagai bidang usaha.

Sumber : http://www.vibicloud.com/page/article_detail/cloud-computing-juga-membawa-pengaruh-positif-bagi-dunia-pendidikan
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori