Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Perbedaan website dengan blog

Website dan blog saat ini sudah berkembang sangat pesat berkat kemajuan teknologi dan internet. Hal ini membuat menjamurnya website begitu juga dengan blog, baik itu sifatnya pribadi, forum dan perusahaan atau company.
Pada dasarnya, blog dan website memiliki kesamaan, yaitu merupakan halaman yang bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Perbedaan antara website dan blog cukup membingungkan bagi sebagian besar orang. Sebagian orang merasa bingung antara blog dan website sementara yang lain ada yang belum mengerti tentang keduanya. Akan tetapi, secara teoritis dan prakteknya, terdapat beberapa perbedaan yang cukup banyak antara website dengan blog. Apa saja perbedaan antara website dan juga blog?
Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara web dan blog :
1. Berdasarkan Domain
Perbedaan pertama antara website dan juga blog adalah dari segi doman yang digunakan. Kebanyakan, dan sepertinya hampir semua website itu menggunakan domain resmi dan juga berbayar, seperti .com, .co.id, .id, dan sebagainya. Biasanya, website yang menggunakan domain berbayar ini merupakan website yang sudah menunjukkan keseriusannya dalam menggunakan halaman. Sedangkan blog, biasanya hanya menggunakan domain blog, seperti blogspot, blogger, wordpress, blogdetik dan sebagainya.
2. Berdasarkan dari isi konten
konten dari sebuah blog sangatlah beragam. Hal ini terlihat dari rekam jejak atau timeline dari blog tersebut. Biasanya sebuah blog memiliki banyak sekali kategori, dan masing-masing kategori tersebut terdiri dari banyak topik dan konten. Berbanding terbalik dengan blog, disisi lain website hanya berisi topik tertentu saja. Misalnya, website mengenai topik kuliner, maka website tersebut hanya menyajikan topik mengenai kuliner saja, dan tidak menyajikan konten ataupun tema dan kategori lainnya. Terutama pada website perusahaan yang tak banyak mengandung banyak konten dan hanya berfokus pada informasi perusahaan tersebut.
3. Formal dan Informal Konten
Dari segi gaya bahasa yang digunakan, kita juga bisa melihat perbedaan antara website dan blog. Blog biasanya menggunakan bahasa yang santai dan informal. Kebanyakan blog menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari, dan menggunakan kata “saya” sebagai penulis konten atau blog, dan “anda” untuk pembaca. Berbeda dengan blog, tentu saja konten dari sebuah website menggunakan pola juga dengan tatanan bahasa yang lebih terstruktur dan cenderung formal. Selain itu biasanya website tidak menggunakan kata ganti orang, sehingga terkesan sangat formal dan universal, sehingga dapat dibaca juga dipahami oleh banyak kalangan.
4. Coding
Ketika membicarakan blog dan website, orang biasanya takut dengan coding. Jika kita memilih blog, kita tidak perlu khawatir! Untuk menciptakan sebuah blog, kita tidak perlu seorang yang ahli di bidang pengkodean. kita cukup mendownload template dan memulai dengan belajar dasar-dasar pengkodean. Berbeda dengan website, kita harus paham dan mengerti pengkodean seperti HTML5, CSS3, PHP, dan lain-lain.


5. Daftar konten
Sebuah blog memiliki daftar kronologis postingan. Semua tulisan yang telah kita buat disusun dari yang terbaru sampai terlama. Setiap kali kita mengunjungi sebuah blog biasanya kita langsung menemui daftar beberapa konten yang pernah diposting oleh pemiliknya. Sementara bila kita mengunjungi website, kita tidak akan menemui daftar itu. Data yang ada dalam website biasanya statis.
6. Home page
Untuk blog dan website, homepage sama sekali berbeda. Dalam sebuah website, homepage menjelaskan isi dasar situs web. Ini akan memberitahu pengunjung tentang jenis produk yang ditawarkan oleh website itu. Namun, homepage blog dibanjiri berbagai tulisan yang telah diposting.
7. Search Engine
Setiap kali pengguna mencari menggunakan mesin pencari tertentu, maka blog yang akan dicari lebih banyak dibandingkan dengan website. Karena isi blog terus berubah, itu menyebabkan mesin pencari melakukan pencarian lebih banyak pada blog. Namun isi website ini statis sehingga website memiliki pencarian yang terbatas.

tulah beberpa hal yang membedakan website dan juga blog. pada dasarnya baik website maupun blog, keduanya sama sama memberikan banyak manfaat bagi penggunan internet, karena banyak berisi informasi, baik umum maupun khusus yang tentu saja akan menambah wawasan setiap pengguna internet.



Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!