Contact Us
News
Follow TELEGRAM Channel ForumBebas.com di alamat T.ME/FORUMBEBAS atau Facebook Fan Page dan Twitter Forumbebas .

Forum Bebas Indonesia

Awas! Lakukan 7 Hal Ini Bisa Bikin Pahala Puasa Ramadhanmu Hilang, Lho!

Puasa ramadhan adalah kewajiban setiap umat muslim. Dalam menjalankan ibadah puasa, kamu tidak hanya dituntut untuk menahan lapar dan dahaga. Namun ada banyak hal yang harus dijauhi karena dapat menghilangkan amalan puasa. Berikut beberapa diantaranya.

Tidak menjaga lisan

Saat berpuasa, kita harus menjaga lisan dan perbuatan kita. Menjaga lisan saat berpuasa terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:

Berkata dusta, memfitnah dan memberi kesaksian palsu

“Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan pengamalannya, maka Allah tidak butuh kepadanya perbuatan yang meninggalkan makan dan minum.” (HR. Bukhari)

Ketika kita tidak bepuasa saja, kita dituntut untuk selalu jujur. Apalagi jika kita sedang berpuasa. Kita harus menjaga hati, lisan dan perbuatan untuk selalu bertakwa kepada-Nya.

Berkata yang kurang bermanfaat (Laghwu)

Sebaiknya kita mengurangi perkataan yang kurang bermanfaat. Daripada melakukan hal demikian, lebih baik kita menggantinya dengan tadaruz atau menghadiri kajian-kajian yang lebih bermanfaat.

“... Hanyalah puasa yang sebenarnya adalah menahan dari laghwu (ucapan sia-sia) dan rafats (ucapan kotor), maka bila seseorang mencacimu atau berbuat tindakan kebodohan kepadamu katakanlah :’Sesungguhnya aku sedang berpuasa.’ (HR. Ibnu Khuzaimah)

Berkata kotor (Rafats)

Apabila seseorang diantara kamu berpuasa, janganlah berkata kotor/keji (cabul) dan berteriak-teriak.” (HR. Bukhari)

Orang yang sedang berpuasa, hendaklah bersikap lemah lembut sebagai bentuk ketaatan kepada Rabbnya. Dan usahakan menahan diri walaupun ada yang bersikap nakal terhadapnya.

Lagipula, berkata kotor juga dapat memancing syahwat kita. Dan itu bagian dari hawa nafsu yang perlu kita jaga selama kita berpuasa.

Menggunjing dan ghibah

Membicarakan orang lain, baik itu fakta atau pun hanya gosip belaka atau bahkan membuka aibnya adalah perbuatan yang sama-sama dibenci oleh Allah. Ketika membicarakannya, sama saja kita telah “memakan” bangkai saudara kita sendiri.

Ibarat “memakan” bangkai tersebut, dapat diartikan bahwa kita juga sudah memakan sesuatu yang sudah jelas akan membatalkan puasa kita.

Merokok dengan sengaja

Memang masih banyak perdebatan para ulama tentang merokok yang dapat membatalkan puasa. Namun kita dapat berpikir dengan pikiran rasional kita, bahwa hal yang dapat membatalkan puasa adalah memasukan benda atau makanan ke dalam tubuh kita.

Saat seseorang merokok, berarti dia telah memasukan benda ke dalam mulutnya. Juga dia telah menghisap asap ke dalam paru-parunya. Hal ini dapat menjadi bahan penilaian kita bahwa merokok pun dapat membatalkan puasa.

Marah

Bukankah, tujuan berpuasa itu untuk menahan hawa nafsu? Selain nafsu makan, nafsu amarah pun perlu kita tahan. Jika kita marah-marah apa lagi disertai dengan perkataan kasar, maka telah hilang amalan puasa kita.
Berkelahi secara fisik

“Jika ada seseorang yang mencela atau mengajaknya bertengkar maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa’.”(HR. Bukhari)
Keutamaan berpuasa adalah kita harus bersabar. Membiarkan amarah ketika sedang berpuasa saja kita tidak boleh, apalagi jika kita berkelahi dan dapat merugikan orang lain.

Meninggalkan salat

Salat adalah tiang agama dan menjadi pondasi keimanan kita. Jika kita lalai akan ibadah yang paling mendasar, lalu bagaimana kita akan menjalankan ibadah yang lain? Maka amalan puasa akan menjadi sia-sia.

“Betapa banyak orang yang berpuasa, ia tidak mendapat apa-apa kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ibnu Majah).

Muntah yang disengaja

Muntah karena sakit atau karena sedang hamil (bagi wanita) memang masih diperbolehkan untuk melanjutkan puasa. Namun jika muntah itu disengaja, maka akan membatalkan puasa kita.

Mencuri

Mencuri adalah perbuatan yang dapat merugikan orang lain. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerugian dan kerusakan di muka bumi ini. Jika kita berpuasa lalu mencuri, maka amalan kita akan hangus karena telah melakukan hal yang dibenci Allah.

Semoga amalan puasa ramadhan kita dapat diterima oleh Allah SWT. Dan semoga kita pun tetap dapat menjaga amalan puasa ramadhan hingga hari kemenangan tiba.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori

Penawaran Terbatas

Booking.com
Liburan di ratusan ribu destinasi & puluhan ribu akomodasi di 200+ lebih negara seluruh dunia. Tentu saja dengan harga promo khusus dan terjangkau kantong anda. Silahkan coba cari dan temukan impian liburan atau akomodasi untuk bisnis anda!