Contact Us

KONSULTASI GIGI GRATIS DISINI

Silakan yang mau konsultasi gratis disini....forumbebas indonesia

Komentar

  • BAGAIMANA CARA MENJAGA GIGI PALING EFEKTIF UNTUK MENCEGAH LUBANG GIGI - PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU

    Oleh: drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM

    Dokter Gigi Pekanbaru - Gigi berlubang adalah permasalahan gigi yang paling sering terjadi di Indonesia. Sebanyak 25% dari seluruh penduduk Indonesia terindikasi memiliki minimal 1 lubang gigi dari semua gigi geliginya. Hal ini adalah permasalahan yang sangat penting untuk diketahui masyarakat bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dengan cara yang paling efektif.

    Berikut adalah 5 cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya lubang gigi :

    1. SIKAT GIGI DENGAN BENAR

    Menyikat gigi merupakan tahap paling penting dalam mencegah terjadinya lubang gigi. Lubang Gigi bisa terjadi karena adanya perlekatan plak pada gigi. Semakin lama plak menempel pada gigi maka tingkat keasaman pada gigi akan meningkat berakibat melunaknya lapisan email dan mulai terjadi lubang gigi.

    Menyikat gigi dengan benar akan menghilangkan plak untuk mencapai pH keasaman yang bisa merusak lapisan email. Untuk waktu yang paling baik adalah malam sebelum tidur dan pagi setelah makan.

    2. KUMUR-KUMUR TIAP HABIS MAKAN

    Kumur-kumur setelah makan akan mengurangi makanan yang menempel pada gigi setelah makan. Jika kebiasaan ini dilakukan secara kontinyu maka akumulasi plak akan terkendali diluar siklus penyikatan gigi. Karena kita tidak mungkin untuk menyikat gigi sepanjang waktu, kumur-kumur setiap makan merupakan cara yang cukup efektif untuk mengendalikan sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi.

    3. HINDARI MAKANAN DENGAN KADAR GULA TINGGI SEBELUM TIDUR

    Bakteri plak adalah bakteri yang menggunakan gula sebagai sumber energi untuk dapat bertahan hidup. Semakin banyak sumber energi yang didapatkan oleh bakteri plak maka akumulasi plak bisa berkembang dengan cepat. Kecepatan berkembang biak bakteri plak akan meningkat saat tidur dimana aliran saliva atau ludah melambat. Ludah sendiri merupakan zat antibakteri alamiah yang bisa mengendalikan populasi bakteri plak.

    Untuk itu sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi sebelum tidur. Karena gula yang menempel pada permukaan gigi akan menjadi booster energi bagi bakteri plak untuk berkoloni dan berkembang biak. Hal ini akan berakibat meningkatnya potensi terjadinya lubang gigi.

    4. SADARI LENGKUNG DAN LETAK GIGI GELIGI

    Cara menggosok gigi yang paling baik adalah dengan mengetahui tataletak gigi anda dengan baik, untuk itu banyak dokter gigi menyarankan anda menggosok gigi di depan cermin untuk membantu anda mengenali karakter dan tataletak gigi anda. Perhatikan area area gigi berjejal atau bertumpuk pada susunan gigi geligi anda. Karena area ini adalah area rawan untuk penumpukan plak. Solusinya adalah menyikat gigi lebih lama pada area tersebut dan menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela antar gigi yang berjelal

    5. KUNJUNGI DOKTER GIGI TIAP 6 BULAN SEKALI

    Mencegah terjadinya lubang gigi lebih baik daripada mengobati. Untuk itu tidak perlu menunggu sakit gigi untuk berkunjung ke dokter gigi. Kebiasaan ini merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh dokter gigi. Dokter gigi akan dengan senang hati memberikan tips, konsultasi dan tindakan apa apa saja yang bisa dilakukan secara spesifik untuk kesehatan gigi anda. Karena setiap mulut pada setiap orang akan berbeda kondisinya. Sehingga saran dari dokter gigi akan sangat membantu anda untuk bisa merawat gigi dengan baik dan efektif.

    Dengan menjalankan 5 tips menjaga kesehatan gigi dari lubang gigi diatas akan membuat anda memiliki senyum yang lebih indah dengan gigi yang sehat dan segar. Selamat memulai kebiasaan baru yang lebih sehat untuk gigi anda. Wassalam

    drg.Agung Tri Prakoso, Sp.BM


    Penulis : drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM (Spesialis Bedah Mulut)

    PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU
    OPEN DAILY : SENIN-SABTU 09.00-21.00
    TELP. 0761 556103

    Jadwal Praktek:
    09.00-13.00 : drg. Diana Yuliarti
    13.00-17.00 : drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM (BEDAH MULUT)
    17.00-21.00 : drg. Veni Susanto

    www.doktergigipekanbaru.blogspot.co.id
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori