Contact Us

Manfaat Akar Alang–alang Si Tanaman Liar Bagi Kesehatan Tubuh

sunting Juli 5 dalam Info Kesehatan
3vqwqk8zbutg.jpg


Alang-alang adalah jenis rumput yang hidup bebas di alam dan biasanya tumbuh di daerah perbukitan yang mempunyai ciri-ciri berdaun panjang dan tajam. Dalam bahasa latin disebut dengan Imperata cylindrica. Alang-alang biasanya menjadi tanaman pengganggu atau gulma pada lahan pertanian.

Cara bertumbuh tanaman ini adalah dengan mengandalkan hembusan angin, kemudian benih alang-alang tersebar dari hembusan tersebut, setelah itu benih yang terbawa arus angin akan menjadi tanaman bibit baru.

Daun alang-alang

Daun tanaman alang-alang memiliki bentuk memanjang seperti pita dan berjenis tunggal, pangkalnya saling menutup. Daun alang-alang memiliki warana hijau ada juga yang kemerah-merahan jika umurnya sudah tua, ujung daun runcing dan tajam serta berdiri tegak dan kasar, harus hati-hati jika kita mendekat dan bersentuhan dengan tanaman ini karena daunnya bisa melukai kulit dan timbul rasa gatal.

Bunga alang-alang

Bunga tanaman alang-alang mempunyai susunan bulir yang majemuk serta agak memguncup, panjang daun bisa tumbuh dari 6–28 cm. Di dalam setiap cabangnya terdiri dari 2 bulir.

Tangkai alang-alang

Tangkai bunga alang-alang biasanya mempunyai diameter tangkai 1–3 mm, pada bagian kepala putik memiliki bentuk menyerupai bulu ayam.

Alang-alang mengandung unsur kimia alami seperti glukosa, manitol, asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin, anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin. Kandungan ini terdapat pada bagian batang, akar dan bunganya yang sering dijadikan alternatif pengobatan tradisional.

INFO Selengkapnya :Manfaat Akar Alang–alang Si Tanaman Liar Bagi Kesehatan Tubuh

Komentar

Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.

Iklan & Promosi Anda


Order ads here. Click me to get price quotation! Monthly & Unlimited click!

Halo, Komandan!

Sepertinya anda baru di sini. Ingin ber-interaksi? Klik satu tombol ini!

Kategori